Pramuka biasanya sama dengan kegiatan di luar atau outdoor, seperti kemah dan hiking. Pramuka dikenal dengan disiplin yang tinggi pula. Kegiatan pramuka ini biasanya dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Ada banyak juga kegiatan pramuka yang melibatkan anggota-anggota dari berbagai daerah, seperti jambore nasional, pesta siaga dan lain-lain. Seragam pramuka identik dengan warna coklat. Atasan berwarna coklat muda serta bawahan berwarna coklat tua. Sebelum kita membahas tentang seragam, coba kita lihat keseruan apa saja yang akan kita dapatkan jika ikut kegiatan pramuka.

Beberapa keseruan yang kamu dapatkan ketika mengikuti kegiatan pramuka, yaitu:

Seragam Pramuka

• Membaca sandi morse

Jika kamu suka dengan tokoh detektif di film atau kartun favoritmu, maka kamu juga bisa melakukannya bersama kawan-kawanmu menggunakan sandi morse. Di dalam pramuka sudah pasti diajarkan membaca serta menulis sandi morse. Sandi morse memiliki manfaat yang sangat besar untukmu di kemudian hari.

• Berpetualang

Berpetualang di hutan, menyusuri sungai bahkan naik gunung adalah hal yang biasa di dalam pramuka. Bagi kamu yang berjiwa petualang hal itu merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Banyak hal baru yang akan kamu dapatkan dan kamu pelajari. Selain itu kamu juga bisa merasakan camping seru bersama kawan-kawanmu.

• Banyak permainan seru

Selain itu di dalam kegiatan pramuka sudah pati ada permainan-permainan seru yang sayang sekali untuk kamu lewatkan.

• Bertemu banyak teman baru

Jika kamu pernah mengikuti kegiatan pramuka yang melibatkan beberapa kelompok pramuka seperti pesta siaga, jambore nasional dan lain-lain. Maka kamu akan bertemu dengan teman-teman baru.

Berikut mengapa seragam pramuka berwarna coklat:

Lalu mengapa seragam pramuka berwarna coklat? Pasti kalian pernah bertanya-tanya tentang warna seragam yang berwarna coklat, berikut beberapa alasannya:

• Ide dari bapak Pramuka

Nama Baden Powell pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Beliau adalah bapak pramuka yang menginisiasikan warna seragam untuk pramuka berwarna coklat. Tujuannya agar seragam tidak mudah kotor ketika sedang digunakan untuk beraktivitas dan berpetualang.

• Pakaian pejuang kemerdekaan

Pernahkah kalian melihat foto para pejuang zaman dahulu? Jika kalian perhatikan, warna seragam para pejuang adalah berwarna coklat muda. Memang sebagian ada yang berwarna hitam putih namun warna coklatlah yang paling mendominasi. Dari situlah muncul ide seragam untuk pramuka berwarna coklat. Bertujuan untuk mengenang para pejuang yang telah gugur.

• Warna tunas kelapa

Tunas kelapa diketahui dapat tumbuh dimanapun ia berada. Pramuka diharapkan juga seperti itu, mampu bertahan dan beradaptasi dimana pun serta bagaimanapun kondisinya. Dari situ pula lah yang menginspirasi membuat seragam berwarna coklat seperti warna tunas kelapa.

• Warna tanah dan air

Selain itu warna coklat muda dan coklat tua pada seragam yang di pakai untuk kegiatan pramuka menggambarkan kondisi tanah dan air Indonesia. Coklat tua melambangkan air sungai di Indonesia, dan warna coklat tua melambangkan warna tanah yang ada di Indonesia.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa seragam pramuka berwarna coklat. Untuk mendapatkan seragam untuk kegiatan pramuka sangatlah mudah. Banyak toko-toko seragam yang sudah menyediakan perlengkapan pramuka beserta seragamnya. Bahkan toko online pun juga banyak yang menjual seragam serta atribut pramuka. Yang perlu digaris bawahi adalah kegiatan pramuka ini sangat besar manfaatnya bagi siapa saja yang mengikuti kegiatan pramuka. Selain untuk melatih kedisiplinan, pramuka juga mengajarkan untuk bersosial, bertoleransi serta beradaptasi.