Beberapa dari kita memang sudah paham betul manfaat dari berhijab sehingga belajar untuk terus istiqomah menutup aurat. Proses hijrah ini tentu butuh usaha dan tidak sekedar melilitkan sepotong kain ke kepala melainkan juga mengisi isi kepala itu sendiri dengan ilmu agama. Perjalanan hijrah ini pun membuat koleksi jilbab di lemari semakin banyak, beberapa dipakai di rumah dan beberapa khusus dipakai untuk kuliah, bekerja di kantor, atau datang ke sebuah undangan. Kalau Anda punya jilbab putih maka usahakan dirawat dengan benar.

Supaya Jilbab Putih Tak Kekuningan, Cuci dengan 4 Langkah Berikut!

Tata Cara Mencuci Jilbab Berwarna Putih

Jilbab dengan warna putih ini memang wajib dimiliki karena sifatnya netral dan cocok untuk tampilan formal, sayangnya warna aslinya mudah menjadi buluk dan kekuningan. Maka cuci dengan benar dan berikut tata caranya:

  • Pisahkan dengan baju yang warnanya luntur,

Warna putih dari jilbab yang dimiliki sudah tentu mudah terkena noda luntur dari warna pakaian yang ikut dicuci bersamaan. Maka penting untuk memisahkan mana pakaian putih dan berwarna, taruh jilbab ini ke wadah khusus pakaian putih untuk mencegah noda luntur.

  • Rendam dulu sebelum dicuci manual,

Menjaga kualitas warna jilbab putih tetap awet dan tidak kekuningan maka setelah dipisahkan dengan pakaian berwarna. Selanjutnya adalah direndam dulu, sekitar 20-30 menit untuk meluruhkan semua jenis noda yang menempel. Meskipun dianggap hanya punya noda keringat tidak menutup kemungkinan sepanjang jalan banyak debu yang menempel. Maka tetap rendam, dan baiknya dicuci dengan tangan agar semua bagian bisa dikucek secara maksimal. Pemakaian pemutih bisa dilakukan sayangnya akan membuat kainnya semakin tipis.

  • Jemur di tempat teduh dan bersih,

Setelah dicuci dengan tangan maka selanjutnya adalah dijemur agar lekas kering dan nantinya bisa langsung dipakai lagi. Ketika menjemur jilbab warna putih inipun ada trik khususnya supaya perubahan warna menjadi kekuningan tidak terjadi. Mulai dari mencari tempat yang teduh sebab tempat yang terik cenderung banyak debunya, dan perlahan warna kekuningan. Pastikan pula jemuran yang dipakai dalam kondisi bersih sebab sayang kalau sudah capek-capek dicuci malah kotor lagi dan meninggalkan noda di jilbab tersebut.

Baca jugaTambahan Aksesoris Unik Ini untuk Jilbab Putih yang Anda Pakai

  • Setrika setelah kering dan simpan dengan cara digantung,

Setelah kering habis dijemur maka usahakan segera disetrika agar tidak kusut terlalu dalam sehingga bekasnya sulit dihilangkan meski sudah disetrika sekalipun. Kemudian gunakan suhu yang sedang saja sebab kalau terlalu panas nantinya warna putih pada jilbab akan berubah menjadi kekuningan karena terbakar. Lalu untuk penyimpanan dianjurkan dengan cara digantung supaya tidak kembali kusut. Jangan sampai disetrika lebih dari sekali karena warna jilbab putih maupun kualitasnya akan mudah rusak kalau terlalu sering kena setrika.