Perhiasan seperti kalung emas merupakan salah satu aset yang berharga dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kalung dari logam mulia ini biasanya dikoleksi oleh kalangan ibu rumah tangga dan sebagian kecil dari anak muda yang gemar menabung dengan metode klasik, yakni menyimpan emas perhiasan. Boleh dikatakan bahwa kalung logam mulia ini juga masuk kategori produk investasi karena bisa disimpan dan sewaktu-waktu bisa dijual kembali. Kalau Anda susah menyimpan tabungan dalam bentuk uang tunai, maka simpan saja dalam bentuk perhiasan.

Tips Merawat Kemilau Emas Pada Perhiasan Kalung

Emas masuk kategori logam mulia yang memiliki nilai ekonomi paling tinggi, sebab mudah dibentuk dan ketika sudah menjadi perhiasan penampilannya lebih elegan. Anda yang memiliki kalung dari logam mulia ini baiknya simak tips berikut untuk bisa mempertahankan kemilaunya:

  • Baiknya tidak terlalu sering dipakai,

Kalung logam mulia ini adalah salah satu perhiasan yang membuatnya bisa dipakai untuk menghadiri suatu acara agar terlihat cantik dan elegan. Selepas acara tersebut maka baiknya kalung ini dilepas kemudian disimpan, mengapa? Sebab kalau terlalu sering dipakai maka warna emasnya akan memudar.

  • Hindari pemakaian untuk aktifitas berkeringat,

Anda suka berolahraga? Kalau iya, tentunya wajib sekali melepas kalung emas maupun perhiasan logam mulia lain yang dimiliki. Sebab emas ternyata mudah mengalami pemudaran warna ketika sering bertemu dengan keringat yang sifatnya asam. Jadi, kalau berencana berolahraga tentu tidak perlu memakai koleksi perhiasan emas Anda kalau tidak mau melihatnya pudar dan rusak. Simpan saja dan dikenakan untuk acara formal dimana tubuh tidak mudah banjir keringat.

  • Jangan memakai wadah penyimpanan dari logam,

Kalung dari emas yang Anda miliki memang baiknya sering disimpan ketimbang dipakai supaya warnanya selalu terlihat cantik. Namun jangan hanya asal disimpan saja karena bisa jadi melakukan kesalahan pada saat menyimpan koleksi kalung tersebut. Baiknya disimpan dalam wadah tertutup yang terbuat dari bahan selain logam, maka jauhi besi, alumunium, dan sejenisnya. Manfaatkan kotak perhiasan berbahan kayu, beludru, atau jenis kain apapun untuk mencegah korosi sehingga warna kalung Anda terjaga dengan baik.

  • Cuci dengan benar dan teratur,

Sebagai perhiasan dari material logam mulia ternyata tidak cukup hanya dipakai sesekali dan disimpan dengan benar. Pemilik yang baik ternyata juga perlu rajin mencucinya, sehingga tidak beda jauh dengan baju kesayangan. Mencuci kalung dari emas ini baiknya memakai air biasa dicampur sabun mandi kemudian direndam selama beberapa menit. Manfaatkan sikat gigi dengan bulu lembut untuk menyikat permukaan kalung Anda agar semua noda ataupun debu yang menempel luntur. Lakukan sebulan sekali, maka dijamin kalung emas koleksi Anda senantiasa berkilau indah.