Semua orang sepertinya memiliki celana jeans di lemari, bahkan beberapa memiliki belasan potong yang dipakai di berbagai kesempatan. Celana dari bahan jeans ini memang favorit semua orang karena tebal namun tetap melar sehingga memberi efek nyaman. Apalagi saat dipakai bisa membuat penampilan nampak modis dan keren, sekalipun dipadukan dengan kaos biasa yang sudah usang. Alasan inilah yang membuat celana berbahan jeans tetap eksis sampai sekarang sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 1930-an lalu.

Supaya Warna Celana Jeans Awet Lakukan 4 Kiat Ini!

Kiat Merawat Celana Berbahan Jeans

Saat mampir ke toko baju pun dijamin akan menjumpai banyak pilihan celana jenis ini, usahakan memilih yang sesuai. Kemudian rawat dengan baik agar warnanya tidak mudah pudar, dan berikut kiat merawatnya:

  • Baiknya tidak terlalu sering dicuci,

Saat membeli celana berbahan jeans sebenarnya aman saja untuk langsung dipakai, sehingga warnanya tetap terlihat baru. Saat selesai dipakai pun baiknya tidak langsung dicuci karena idealnya celana jenis ini tidak sering dicuci. Pakailah antara 3-4 kali baru kemudian dicuci, jika ditemukan noda yang membandel Anda bisa segera mencucinya sebab kalau terlalu sering dicuci warnanya akan lekas pudar.

  • Cuci dengan tangan dan tanpa detergen,

Paling menjengkelkan dari memiliki celana jeans adalah ketika mencucinya, karena disarankan tidak memakai mesin jika tidak mau celana ini cepat rusak. Anda baiknya mempergunakan tangan saat mencucinya dan bisa memakai sikat baju namun yang berbulu lembut. Mencuci memakai tangan bisa membantu mempertahankan warna jeans tetap nampak baru padahal sudah dipakai lumayan sering. Kalau warnanya awet biasanya akan semakin nyaman dipakai, jadi jangan memakai mesin saat mencucinya.

  • Balik ketika dijemur,

Semua baju pada dasarnya akan memiliki warna yang awet manakala dijemur di tempat yang teduh, begitupun dengan celana satu ini. Hanya saja jika cemas tidak lekas kering karena bahan jeans memang tebal dan mudah menyerap air. Anda bisa tetap menjemurnya di bawah terik matahari langsung akan tetapi dalam kondisi dibalik. Sehingga perubahan warna terjadi di bagian dalam celana, sedangkan warna di bagian luar masih nampak seperti baru sehingga lebih percaya diri untuk memakainya.

Baca juga Pilih Celana Jeans untuk Pria dengan Memperhatikan 4 Tips Berikut Ini!

  • Pakai suhu rendah saat disetrika,

Celana dari bahan jeans ini juga boleh-boleh saja disetrika, sayangnya karena kainnya tebal maka banyak yang memakai suhu tinggi. Sehingga proses menyetrika menjadi lebih cepat dan meninggalkan bekas setrikaan yang memberi kesan Anda rajin menyetrika pakaian. Hanya saja untuk mempertahankan kualitas warna dari celana ini disarankan mengatur setrika di suhu yang sedang atau rendah. Meski agak lama sewaktu menyetrika namun paling tidak warna celana jeans kesayangan akan terlihat selalu baru sebab terjaga dan terlindungi dengan baik.