Menggunakan hijab dan busana muslim adalah menggunakan busana yang menutupi aurat, seperti yang diajarkan dalam agama islam. Namun tidak sedikit kita melihat wanita model hijab dan gaya berbusana muslim kurang memperhatikan ketentuan yang diwajibkan, tipe seperti ini hanya mengikuti perubahan fashion yang saat ini sedang menjadi trand saja.

Adapun semua wanita berhijab harus mengetahui poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam berhijab. Menggunakan hijab sesuai dengan syariah tidaklah susah dan jangan takut kelihatan tidak fashionable. Karena sekarang sudah banyak model hijab syariah yang modelnya trandy, membuat penampilan terlihat anggun dan menawan.

Baca juga: Model Hijab Modern Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Selain hijab, harus diikuti pula dengan busana muslim yang syar’I. Nah, berikut ini ulasan singkat mengenai kriteria model hijab yang sesuai syar’i.

Longgar Dan Menutup Bagian Dada

Hijab yang syar’i ukurannya longgar dan menutupi bagian dada. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Araf ayat 17:26 yang isinya membahas mengenai firman Allah SWT untuk menutupi aurat dan menggunakan pakaian takwa karena itulah yang lebih baik dan demikianlah sebagai tanda kekuasaan Allah.

Niat Yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan seiring dengan perkembangan fashion khususnya busana muslim yang serba modern seperti sekarang ini, tidak sedikit wanita muslim yang menggunakan hijab hanya sekedar mengikuti trand dan hanya sebagai  pelengkap saja atau hanya dijadikan perhiasan semata.

Sebaiknya niatkan menggunakan hijab sebagai tempat berlindung bagi wanita muslimah, baik dari sengatan matahari maupun dari gangguan lawan jenis.

Tidak Tipis Dan Transparant

Bahan hijab yang sesuai dengan syar’i adalah yang tidak transpatan atau tembus pandang. Tujuannya adalah agar tidak mengundang fitnah yang memperlihatkan perhiasan di balik hijab yang digunakan.

Jika bahan hijab tipis sebaiknya gunakan ciput yaitu kerudung bagian dalam. Dengan menggunakan ciput selain melindungi rambut terlihat juga dapat membuat hijab rapi, tidak mudah berubah.

Tidak Menggunakan Aksesoris Yang Berlebihan

Seiring dengan perkembangan model hijab, diikuti pula dengan hadirnya beragam aksesoris untuk hijab. Aksesoris digunakan untuk membuat penampilan terlihat lebih anggun dan menawan, namun jika digunakan berlebihan malah membuat penampilan terlihat aneh dan norak.

Gunakan aksesoris seperlunya, pilih aksesoris yang sesuai dengan hijab yang digunakan. Baik sesuai dengan model, bahan dan warna hijabnya. Dengan demikian membuat penampilan menggunakan hijab jadi lebih menawan. Jangan terlalu memaksakan menggunakan aksesoris, karena dengan hijab saja tampilan sudah anggun dan cantik.

Demikian ulasan singkat mengenai model hijab yang sesuai dengan ajaran islam atau syar’i. Untuk mengetahui gambaran model terbaru hijab syar’I modern bisa lihat di situs jual beli kesayangan Anda, bukalapak.com. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.