Atribut agama seperti peci untuk pria muslim kini semakin lazim digunakan untuk berbagai keperluan. Bukan hanya ketika akan melakukan ibadah saja, namun peci sudah seperti ciri khas seseorang. Jenis peci yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah peci hitam polos atau dengan motif di sekelilingnya. Namun seringkali pengguna peci polos ini adalah para orang tua yang akan beribadah atau melakukan berbagai kegiatan. Meski begitu para remaja juga kerap menggunakannya untuk acara semi formal seperti resepsi pernikahan ataupun seragam.

Agar Anda para remaja pria yang harus menggunakan peci berwarna hitam namun tak ingin tampak lebih tua dibandingkan usianya, berikut ini adalah padu padan yang bisa Anda lakukan untuk mensiasati masalah tersebut:

  • Baju koko dengan motif cerah.

Jika Anda akan mendatangi acara keagamaan dan peci berwarna hitamlah yang akan dikenakan, maka sebaiknya Anda memilih memakai baju koko dengan motif cerah sebagai atasan. Hindari menggunakan kemeja batik karena Anda akan tampak seperti pria dewasa atau bapak-bapak.

  • Tambahkan bros.

Penambahan bros pada peci diperbolehkan namun sebaiknya tidak dilakukan untuk ibadah sholat. Gunakan bros sesuai dengan selera Anda atau institusi yang diwakili. Cukup satu bros saja meski ada juga yang menyematkan beberapa bros di peci hitam.

Baca juga:

  • Kemeja bermotif atau bergambar.

Jika acara yang hendak dikunjungi adalah non keagamaan namun formal, gunakan kemeja bergambar atau bermotif. Hindari penggunaan kemeja polos karena yang bisa memberi kesan terlalu formal dan terlalu dewasa untuk usia Anda.

Baca juga: 4 Hal yang perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Kemeja Batik Pria yang Tepat

  • Gunakan celana jeans.

Meski menggunakan peci, namun Anda tetap bisa berekspresi dengan celana jeans apalagi jika acara yang akan dihadiri bukanlah acara formal. Meski begitu sebaiknya tidak mengenakan jeans yang sobek di beberapa tempat karena bisa bertabrakan dengan nuansa yang diciptakan oleh peci yaitu santun dan bersahaja.

  • Menggunakan kaos.

Penggunaan peci tak selalu pada kegiatan formal, kegiatan casual atau santaipun bisa dilakukan dengan peci. Penggunaan kaos pada kegiatan casual bisa menambah kesan muda Anda meski menggunakan peci.

  • Peci bulat.

Jika hitam merupakan warna yang wajib, maka Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan peci rajutan berbentuk bulat yang sekarang ini juga marak digunakan.

Dengan beberapa alternatif padupadan di atas, Anda bisa tampil sesuai usia menggunakan peci hitam. Meski peci kini tak selalu digunakan untuk beribadah namun peci sangat identik dengan hal keagamaan sehingga sebisa mungkin tetap menjaga tata krama dan kesopanan ketika Anda menggunakannya sehingga tidak memberi kesan negatif pada satu agama tertentu. Peci berwarna polos akan lebih mudah memperlihatkan noda sehingga setelah menggunakan sebaiknya langsung diangin-anginkan agar keringat langsung kering dan tidak meninggalkan noda.