Tentunya untuk tampil cantik di pesta atau acara undangan, Anda akan tampil dengan usaha yang maksimal. Dari membeli busana yang diinginkan sampai dengan membuat sendiri pakaian Anda. Cek di sini tutorial rok lilit untuk tampilan cantikmu saat menghadiri pesta!

di Indonesia, para wanita yang datang ke acara perkawinan atau resmi menggunakan setelan baju tradisional indoensia. Baju tradisional Indonesia yang biasa dipakai berupa kebaya dan rok batik. Kebaya yang digunakan pun beragam, ada kebaya encim, kebaya kutu baru, kebaya kartini, dan masih banyak lagi. Biasanya kebaya tersebut dipadupadankan dengan kain rok dari kain batik. Salah satu rok batik yang dapat dipadu dengan kebaya atau atasan Anda adalah rok wiron.

Baca selengkapnya di sini untuk cara pakai rok lilit di acara istimewamu.

Rok wiron merupakan kain batik yang ujungnya dilipat-lipat seperti kipas. Bentuk itu disebut dengan wiru. Semakin banyak wiru atau lipatan pada kain, semakin kelihatan indah ketika dipakai. Kain batik dengan wiru banyak hanya bisa dipakai oleh mereka yang berbadan langsing. Wiru atau lipatan pada kain berjumlah ganjil dari 3, 5, 7, 9 dan seterusnya. Lebar wiru pada kain biaanya sekitar 2 cm. Menggunakan rok wiron kain batik dapat membuat tampilan Anda terlihat lebih langsing, bentuk badan terlihat, dan kelihatan lebih tinggi. Untuk Anda yang memiliki bentuk paha atau betis yang besar, hindarilah rok wiron kain batik dengan lipatan yang banyak. Karena lipatan tersebut akan membuat rok semakins sempit dan membentuk badan.

Rok dengan wiru atau rok wiron memiliki dua jenis, yaitu gaya Jogja dan gaya Solo. Pada gaya Jogja, pinggiran batik disebut tumpal. Tumpal pada wiron Jogja tidak dilipat ke dalam melainkan dilipat keluar sehingga terlihat lipatannya. Sedangkan pada tumpal batik wiron gaya Solo, tumpal pertama dilipat ke dalam dan tidak diperlihatkan. Tumpal berikutnya baru dilipat ke arah luar.

Salah satu tips menggunakan rok wiron yang adalah dengan tidak terlalu sering mejemur dan mencuci kain batik. Kain batik yag terlalu sering dicuci dan dijemur akan menjadi tipis dan lemas. Hal ini membuat kain batik sulit dibuat wirunya atau dijadikan rok wiron.

Untuk membuat rok wiron, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, yaitu dengan cara membuat pola rok wiron. Berikut ini cara membuat pola rok wiron pada kain batik. Selamat mencoba! Yuk, simak langkah-langkah berikut ini.

 

  • Buat pola rok panjang agak sempit dibagian pinggul dan diperpanajng dari bagian pinggul sampai mata kaki.

 

  • Pada kain, lipat ke dalam selebar 3 cm sampai tiga kali.
  • Lipatan terakhir saling tumpang tindih dan begitu seterusnya.
  • Buat pola rok depan dan belakang, gabungan kanan dan kiri. Buat dengan rapat atau tidak terpisah dari pinggul, lutut, sampai kaki menjadi Semua garis di luat pola langsung digunting dan dibuang, dan empat pola jadi satu sudah siap dirancang di atas kainnya.
  • Sebelum itu, di pinggir kain sebelah kanan kain batik, buatlah empat atau lima lipatan wiron, jelujur yang rapi.
  • Bentangkan kain batik di atas meja atau lantai, kain untuk bagian luar di sebelah bawah dan kai untuk di sebelah atas
  • Sisa dari kain yag telah dibuat wironnya tidak boleh dipotong. Lipatlah sisa kain tersebut ke dalam sehingga membentuk dua lapis.

 

Itulah cara membuat pola rok wiron. Selamat mencoba!