fashionarsis.com-hijab modern

Modis sembari mengenakan model hijab yang menarik memang bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kewajiban sebagai muslimah. Namun tidak meninggalkan kebutuhan untuk menjadi diri sendiri dengan memilih gaya berhijab sesuai selera. Penyesuaian selera ini pun sebaiknya tidak melenceng jauh dari aturan dasar pemakaian hijab. Sebab dalam Alquran sendiri sudah dijelaskan bagaimana busana hijab yang baik dan benar supaya bisa menjadi kunci untuk masuk ke surga bagi muslimah.

Supaya Tidak Keliru Mengikuti Trend Berhijab

Supaya tidak keliru dalam mengikuti perkembangan dunia model busana hijab beserta segala atribut yang berkaitan. Berikut beberapa tata aturan dasar yang sebaiknya dipenuhi sehingga hijab yang dikenakan bisa dikatakan sempurna, antara lain:

  • Sebaiknya menghindari celana,

Celana merupakan salah satu jenis pakaian yang dikenakan oleh kaum pria, sebagai hijaber yang baik sebaiknya menghindarinya. Sebab Kita dituntut untuk tidak menyerupai lelaki pun sebaliknya, lelaki juga tidak diperbolehkan menyerupai wanita. Pemakaian celana sebaiknya dihindari dan memilih memakai rok atau gamis yang lebih cantik.

Namun, bagaimana jika memiliki aktivitas yang menuntut menggunakan celana? Sebagai muslimah yang sudah menutup aurat bukan berarti gerakan dan jenis aktivitas Kita menjadi sangat terbatas. Beberapa aktivitas membutuhkan busana dalam bentuk celana dan tidak bisa dihindari. Selama masih bisa dirubah sedikit tentu lebih baik, misal memakai rok celana untuk menjawab kebutuhan berolahraga. Kecuali mengikuti pencak silat atau sejenisnya tentu mau tidak mau tetap memakai celana supaya aman dan bebas bergerak.

  • Kenakan baju yang longgar,

Perempuan di masa sekarang sepertinya lebih banyak yang ingin terlihat cantik dengan memperlihatkan betapa langsing tubuhnya. Apalagi banyak sekali model busana yang memang pendek dan minim terlihat manis digunakan untuk berbagai kesempatan. Apabila sudah memutuskan untuk berhijrah menjadi muslimah cerdas dunia dan akhirat. Maka ada batasan tertentu dalam memilih model hijab yang dikenakan, salah satunya memilih busana yang longgar. Longgar tidak berarti kedodoran bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh.

Baca juga: Kiat Nyaman Beralih Mengenakan Hijab Modern

  • Memilih hijab yang panjang,

Memanjangkan hijab atau khimar menjadi salah satu aturan yang penting untuk ditaati dan diaplikasikan dalam keseharian. Sekarang ada banyak penjual khimar dan busana kebutuhan muslimah taat dengan ukuran yang besar namun tetap modis. Tampil gaya namun tidak melepaskan pakem dalam berhijab tentu lebih dianjurkan dan bijaksana. Selain panjang menutup dada, khimar yang dikenakan pun tidak menerawang jika rambut terlihat gunakan dalaman. Sehingga aurat pun bisa tertutup dengan sempurna tanpa khawatir memakai baju namun telanjang.

  • Berbusana sesuai kemampuan,

Trend berhijab kini mengalami masa keemasan terlihat dari semakin banyak muslimah yang taat menutup aurat. Berbagai model busana dan khimar yang cantik serta terbuat dari material berkualitas pun hadir sebagai pilihan. Beberapa brand bahkan cukup terkemuka dan memberikan material hijab yang memang menawan dan sesuai dengan ketentuan dalam Alquran. Meski begitu bukan berarti Kita mengejar brand terkemuka tersebut, usahakan menyesuaikan dengan kemampuan.

Bukankah dalam berbusana dan memenuhi kebutuhan lainnya Kita dianjurkan untuk tidak berlebihan? Maka aplikasikan dengan mencoba berbusana rapi dan taat sesuai dengan kondisi finansial, murah asalkan sesuai aturan tentu tidak masalah. Busana yang harganya terjangkau ketika dipadukan dengan sangat apik akan mengeluarkan aura mahal dan bermerk. Jadi, sesuaikan dengan kemampuan supaya model hijab yang sesuai nyaman saat dikenakan sekaligus nyaman bagi kantong.