Jilbab berwarna putih memang banyak dimiliki wanita muslimah dibandingkan warna jilbab lainnya. Hal ini dikarenakan warna putih lebih mudah dipadupadankan dengan pakaian dengan warna apapun karena merupakan warna yang netral. Namun warna putih polos yang banyak dimiliki orang juga membuat Anda tampak mirip dengan orang lain meski menggunakan pakaian yang berbeda. Jilbab putih juga bisa tampak membosankan dan mirip dengan seragam suatu institusi jika tak ada ornamen atau aksesoris yang disematkan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menambahkan aksesoris minimalis sehingga tampak lebih unik dan menarik.

Penambahan aksesoris untuk jilbab bukanlah sesuatu yang baru. Jilbab polospun ada juga yang tetap memiliki motif meski sedikit sehingga tidak tampak terlalu datar. Tetapi jika Anda memang memiliki jilbab yang polos dan ingin menambahkan aksesoris di sana, berikut ini adalah beberapa contoh aksesoris yang pas untuk digunakan:

  • Renda.

Renda merupakan pola khusus yang bisa Anda beli dengan satuan meter. Jika Anda pintar menjahit sendiri, yang perlu Anda lakukan adalah membeli renda dengan warna tertentu kemudian memasangnya pada bagian bawah kerudung. Warna renda bisa saja tetap warna putih atau warna lain karena tujuannya hanya memberi sedikit bagian yang lebih unik. Namun jika Anda tak bisa menjahit, jasa jahit bisa dimanfaatkan dengan memberinya jenis renda yang Anda inginkan dan biaya jahit yang diperlukan.

  • Bros.

Bros menjadi aksesoris umum yang dipakai untuk jilbab putih. Bros yang tepat digunakan adalah bros dengan ukuran medium hingga besar dan memiliki warna yang kontras dengan jilbab sehingga lebih menonjol. Sematkan bros di bagian pundak jilbab atau di bagian dada sehingga bisa mencuri pusat perhatian lawan bicara.

  • Bordiran.

Bisa membordir atau dekat dengan jasa bordir? Anda bisa memanfaatkannya untuk memberi motif memiliki lapisan tebal sebagai penutup dahi. Bordirlah sesuai dengan motif yang diinginkan menggunakan warna yang kontras sehingga lebih mudah terlihat. Selain di bagian atas, bordir juga bisa dilakukan di bagian tepi kerudung untuk memberi aksen yang lebih menarik.

  • Tali.

Gunakan tali dengan warna putih untuk memberi aksesoris yang lain di bagian pundak kerudung. Tali tersebut bisa menjuntai kemudian harus ditalikan dengan bentuk pita, atau langsung Anda bentuk pita kemudian dijahitkan di lokasi tersebut.

Ide-ide di atas akan memberikan keunikan yang lebih untuk jilbab putih yang Anda gunakan. Namun sebaiknya jika jilbab polos merupakan seragam dari tempat kerja Anda, gunakanlah aksesoris minimalis yang bisa dilepas seperti bros dibandingkan aksesoris permanen. Perhatikan kebersihan kerudung karena kerudung dengan warna polos terutama putih akan lebih memperjelas kotoran asing yang menempel.