Masyarakat yang tinggal di negara Indonesia umumnya mempunyai kulit sawo matang atau bisa dikatakan cenderung gelap. Banyak orang yang berpendapat bahwa mereka yang mempunyai kulit gelap tidak pantas menggunakan baju dengan warna apapun atau condong terang. Nah, permasalahan ini muncul pada beberapa pria yang sedang menentukan baju koko yang tepat dengan kulit gelapnya. Padahal seperti yang diketahui bahwa kebanyakan pakaian koko mempunyai warna cenderung terang seperti putih, pink, merah atau lainnya. Jika Anda salah satu orangnya pasti tidak akan percaya diri berpenampilan menggunakan baju terang.

Bagi Anda yang merupakan pria berkulit gelap bisa melakukan beberapa tips berikut ini supaya tampilan cocok dan tetap terlihat keren yaitu:

Baca juga: Intip Fashion Pria 2017 yang Dapat Menarik Para Wanita

  • Memilih warna kalem.

Seiring orang mengejudge dirinya sendiri tidak pantas menggunakan pakaian ini itu, padahal penilaian itu tergantung dari orang lain yang melihat. Sebagai pria yang mempunyai kulit hitam bisa memilih koko yang berwarna lebih kalem terlebih dahulu seperti silver, coklat, biru dongker, maroon atau lainnya. Jangan pernah menutupi diri dengan pakaian yang berwarna hitam atau gelap, tentunya akan membuat tampilan Anda semakin terlihat buruk.

  • Pemilihan bawahan yang tepat.

Untuk bawahan seorang pria tentu lebih fleksibel kalau tidak celana panjang bisa menggunakan sarung. Jika Anda memilih menggunakan baju koko dengan perpaduan celana pilih saja yang mempunyai warna gelap, selain lebih netral warna gelap juga masuk untuk perpaduan dengan atasan yang lebih cerah. Begitu pula dengan pemilihan sarung, bisa membeli sarung yang mempunyai corak atau motif yang sesuai.

  • Jangan mengejudge buruk warna terang.

Kemudian setelah Anda terbiasa menggunakan warna yang kalem bisa merubahnya untuk memilih pakaian dengan warna yang lebih terang. Karena pada dasarnya baju dengan warna terang akan terlihat lebih menarik untuk pria yang berkulit gelap karena hal itu dapat membuat tampilan lebih cerah dan kulit terlihat lebih bersih.

  • Penambahan aksesoris.

Untuk membuat tampilan terlihat lebih fashionable walaupun menggunakan koko Anda tetap bisa menambahnya dengan penggunaan aksesoris yang pantas. Seperti jam, surban atau lainnya yang membuat lebih menarik. Namun yang perlu diperhatikan tetap padukan dengan warna-warna yang tetap sepadan atau kontras.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam pemilihan pakaian koko yang tepat. Walaupun koko identik dengan pakaian dalam beberapa saat saja seperti waktu ke masjid, lebaran, atau lainnya tetapi tetap saja harus memilih dengan tepat. Karena itu akan berdampak pada penampilan Anda didepan orang banyak, jika Anda memilih baju koko dan aksesoris yang salah dan tidak sesuai dengan warna kulit Anda tentu akan membuat tampilan Anda semakin gelap atau jelek.