Tas merupakan suatu barang yang digunakan untuk menempatkan barang-barang lainnya yang mempunyai ukuran lebih kecil. Banyak jenis dan model tas yang bisa digunakan salah satunya yaitu jenis tas ransel pria yang identik dengan kapasitas muatan yang cukup banyak. Mulai dari yang masih sekolah, kuliah sampai dengan yang sudah bekerja sekalipun banyak yang memanfaatkan tas tersebut. Yang tidak kalah seringnya juga ransel digunakan dalam perjalanan travelling banyak orang. Model yang besar menjadikan ransel sebagai tas yang multifungsi dalam menunjang setiap kegiatan.

Kelengkapan penggunaan dua tali dibelakang semakin membuat orang yang mengenakan merasa nyaman. Tetapi karena seringnya orang yang menggunakan dalam setiap kegiatan membuat ransel akan mudah rusak, robek atau bahkan sampai dengan jebol. Muatan yang tidak sesuai dengan kapasitas tas tersebut membuat tas tidak bisa bertahan lama. Mau tidak mau seseorang harus membeli tas model baru dengan mengganti tas lama. Setelah mendapatkan tas baru sebaiknya Anda melakukan perawatan secara baik dan benar supaya tas lebih awet walaupun sering digunakan. Bagaimana cara melakukan perawatannya? Berikut ini diantaranya:

Baca juga: Mengenal Tas Ransel Pria

  1. Saat menggunakannya pastikan semua barang tertata dengan baik, karena terkadang orang sering menaruh dan memasukkannya secara asal-asalan dan sembarangan. Dengan begitu tas akhirnya membesar dan penuh yang mengakibatkan kerusakan pada tas ransel pria tersebut. Mulai biasakan untuk menata secara rapi dari mulai barang kecil sampai dengan barang yang besar sekalipun. Dengan begitu kemungkinan untuk jebol semakin kecil.
  2. Setiap tas mempunyai kapasitas tampungan yang berbeda-beda, jadi perhatikan aturan tersebut supaya tidak memberatkan beban tas yang digunakan. Jangan pernah paksakan untuk memasukkan barang yang mempunyai ukuran besar yang berlebih kedalam tas, hal tersebut akan membuat tas cepat rusak karena dipaksakan menampung barang.
  3. Setelah menggunakannya segera untuk mengeluarkan barang-barang yang ada dalam tas tersebut. Jangan jadikan kebiasaan untuk menaruh tas dengan berbagai isi yang masih didalamnya. Hal tersebut akan membuat tas cepat rusak karena mungkin ada beberapa barang yang tertinggal di tas yang sering menyebabkan tas rusak.
  4. Bersihkan tas sesuai dengan petunjuk, misalnya saja dengan mencucinya secara teratur setelah selesai digunakan. Hal yang penting untuk diketahui yaitu jangan mencuci dengan menggunakan detergen karena akan mudah memudarkan warna pada tas. Kemudian jangan juga mengeringkan dibawah sinar matahari secara langsung, hal tersebut juga beresiko pada tas yang cepat mengalami kerusakan.
  5. Setelah dibersihkan kemudian simpanlah tas pada tempat yang sejuk yang mempunyai suhu normal. Jika memang diperlukan bungkus tas ransel pria saat penyimpanan supaya tidak gampang terkena debu ataupun jamur yang sering muncul. Dengan begitu tas akan awet karena perawatan rutin walaupun sering digunakan sekali.