Terganggu oleh Bau Sepatu Sendiri? Yuk Cari Tahu Penyebab Bau Sepatu Kamu!

Meskipun sepatu memiliki fungsi fashion yang bisa menunjang penampilan kamu supaya lebih menarik, tetapi semua itu bisa menjadi tidak berguna hanya karena sepatu kamu bau alias mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Berbagai merek sepatu kini bisa kamu pilih untuk dijadikan mode berpakaian yang kekinian, mulai dari sepatu boots, sampai sneakers-sneakers gaul yang sedang marak di pasaran dan di kalangan anak muda. Berbagai harga juga bersaing seiring melesatnya perkembangan serta tren fashion. Harga untuk berbagai sepatu keren yang bisa kamu miliki sangat beragam. Mulai dari yang termurah, sampai yang termahal sekalipun. Bahkan hingga puluhan juta rupiah. Kemudian sekarang marak juga informasi mengenai cara membersihkan sepatu, mulai dari cara membersihkan sepatu beludru sampai sepatu kulit sekalipun.

Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan sepatu dambaannya. Tidak tanggung-tanggung, para pecinta sepatu akan mengoleksi sepatu dengan harga sepatu yang beragam juga. Akan tetapi, rasanya semua tentang sepatu percuma ya kalau pada akhirnya sepatu kamu bau.

Banyak hal yang bisa menyebabkan sepatu kamu menjadi bau atau mengeluarkan aroma tidak sedap. Salah satunya mungkin karena ulah kamu sendiri, atau kebiasaan-kebiasaan kecil yang ternyata sangat berpengaruh pada aroma sepatu kamu yang menjadi tidak sedap.

Apakah kamu penasaran mengenai penyebab bau sepatu kamu? Yuk cari tahu penyebab bau sepatu dengan menyimak ulasan berikut ini.

1. Malas Membersihkan Kaki


Salah satu kebiasaan buruk yang harus diubah mulai sekarang adalah malas membersihkan kaki. Banyak orang yang saking lelahnya beraktivitas sampai-sampai membuatnya malas membersihkan kaki saat mau naik ke tempat tidur. Padahal, kebiasaan ini sangat berpengaruh pada bau sepatu kamu.

Jika kamu malas membersihkan kaki, maka kotoran serta kelembaban keringat bekas seharian di kaki kamu akan menempel terus menerus. Kebiasaan tersebut akan membuat sepatumu menjadi mudah bau karena dipengaruhi oleh kaki kamu yang tidak bersih. Jadi mulai sekarang jangan malas membersihkan kaki ya.

Jika kamu mau pergi ke kamar mandi, atau ke tempat-tempat lainnya, sangat dianjurkan untuk menggunakan sendal, supaya kaki kamu terhindar dari kelembaban dan kotoran yang ada di tempat-tempat lembab tersebut.

Biasakan untuk tidak langsung memakai sepatu setelah mencuci kaki atau kaki dalam kondisi basah ya. Karena kaki dalam kondisi basah yang dipaksakan memakai sepatu akan membuat kaki menjadi lembab di dalam sepatu, dan hal ini sangat potensial menjadi penyebab bau sepatu.

2. Tidak Memakai Kaos Kaki


Kebiasaan lainnya yang sering ditemui adalah kebiasaan orang-orang yang tidak memakai kaos kaki saat menggunakan sepatu. Kamu perlu tahu bahwa sepatu pada umumnya tidak dibekali dengan alat penyerap keringat sehingga diciptakanlah kaos kaki yang mengambil alih fungsi penyerapan keringat tersebut.

Jika kamu tidak menggunakan kaos kaki saat memakai sepatu, kakimu akan kepanasan di dalam sepatu. Hal ini akan membuat kakimu mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Dengan keringat yang banyak di dalam sepatu yang tak mampu menyerap keringat, pada akhirnya sepatu akan menjadi lembab. Kelembaban inilah yang akan menyebabkan sepatu kamu menjadi bau dan menyebarkan aroma tidak sedap saat dilepas. Jadi ngga percaya diri deh untuk melepas sepatu.

Nah, itu dia penyebab bau sepatu yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang, tinggalkanlah kebiasaan-kebiasaan kecil yang buruk tersebut. Jangan lupa untuk menjaga selalu kebersihan tubuh, terutama kaki.

Mau tahu cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu?

Yuk baca selengkapnya di sini.