Jaket pria bukan hanya sebuah jaket yang memiliki satu bentuk saja. Lebih dari itu, jaket ini memiliki beberapa jenis yang mungkin saja ada beberapa model yang belum kamu ketahui. Ciri dan fungsinya pun bermacam-macam. Ada yang memang digunakan untuk menghalau dingin, ada juga yang memang dikhususkan untuk acara formal.

Tipe Jaket Pria yang Harus Kamu Ketahui

Oleh karena itu, simak 11 jenis jaket pria berikut untuk semakin menambah pengetahuanmu tentang salah satu item fashion pria ini.

  • Bomber

Jenis jaket yang biasa digunakan oleh para pilot ini menjadi tren di kalangan remaja pada tahun 1970-an. ciri utama jaket ini adalah modelnya yang bulky dan memiliki kantung besar di kedua sisinya. Jaket bomber sering digunakan oleh mereka yang ingin tampil swag ala penyanyi hip hop.

  • Duffle coat

Model mantel pendeta yang diubah menjadi coat oleh desainer John Partridge ini cocok dipakai dengan jeans atau chinos. Ciri utama duffle coat adalah kantong besar di bagian depan dan 6 kancing pada bagian dada serta memiliki panjang selutut.

  • Kulit

Sesuai namanya, jaket ini terbuat dari bahan kulit, entah itu asli atau sintetis. Ciri utamanya yaitu terdapat resleting, kancing, dan juga sabuk leher.

  • Mackintosh coat

Mantel yang dikenal dengan “mac” ini diciptakan untuk menghalau dinginnya hujan maupun badai salju.

Baca juga: Tips Memilih Jaket Pria untuk Kebutuhan Touring

  • Overcoat

Inilah mantel yang penggunaannya sangat penting baik dalam musim gugur ataupun semi. Outer wajib ini sering digunakan oleh fashionista dalam menghadiri acara-acara penting dan untuk menampilkan kesan elegan.

  • Parka

Terinspirasi dari jaket suku Eskimo dalam menghalau dingin cuaca kutub, jaket parka dibuat persis dengan model bertudung dan berbulu pada lehernya. Namun seiring perkembangan fashion, jaket ini juga disesuaikan dengan cuaca panas sehingga membuat modelnya sedikit bergeser dari jaket suku eskimo.

  • Pea coat

Ciri utama model ini adalah memiliki kerah lebar serta kancing dobel. Pea Coat sangat cocok bila digunakan untuk ke kantor.

  • Sport Jacket

Dikenal juga sebagai Sport coat, jaket ini hanya cocok digunakan untuk acara formal. Modelnya yang mirip jas dan terbuat dari bahan denim, corduroy, suede, atau tweed ini menampilkan kesan gentleman pada pemakainya. Biasanya, jaket ini digunakan untuk acara outdoor.

  • Trench coat

Model ini diciptakan oleh rumah mode Burberry and Aquascutum serta dipopulerkan oleh Humphrey bogart. Ciri khususnya yaitu selalu memakai warna khaki, tahan air, dan berkerah lebar. Kancing depannya berjumlah 10 dengan sabuk pinggang dan tali di pergelangan tangan.

  • Windbreaker

Jaket jenis ini mempunyai ciri-ciri khas dimana terdapat karet dalam pergelangan tangannya. Selain itu, jaket windbreaker juga memiliki hoodie dan kerah sehingga cocok digunakan untuk menghalau hawa dingin atau berangin.

  • Varsity

Dikenal dengan nama Letterman jacket dan dulunya hanya dikenakan oleh kalangan mahasiswa kampus elit Harvard. Namun kini jaket varsity telah mendunia dan menjadi primadona tersendiri bagi fashion enthusiast. Ciri utama jaket ini adalah terdapat tanda / huruf yang dibordir di bagian dada kiri.

Demikianlah 11 jenis jaket pria yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.