Mengenakan model hijab setiap orang berbeda-beda dan tentunya dapat disesuaikan dengan bentuk muka masing-masing. Sebuah model tersebut juga didasari dengan berbagai jenis bahan hijab yang dikenakan, dari katun, rayon, sifon, atau lainnya. Kenyamanan menggunakan hijab juga ditentukan dengan bahan yang dipilih. Karena setiap bahan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, dari yang licin, kasar, panas atau apapun. Dengan begitu pertimbangan mengenai jenis bahan saat pembelian sangatlah penting.

Yang tidak kalah pentingnya lagi dalam menggunakan hijab adalah bentuk atau modelnya sendiri. Setiap orang mempunyai karakteristik muka yang berbeda-beda, dari mulai yang mukanya oval, lonjong, kotak , bulat, pipinya tembem atau lainnya. Kekurangan ataupun kelebihan masing-masing orang tersebut dapat disesuaikan dengan pemakaian model yang pas sehingga menimbulkan kesan cantik. Berikut ini tips cantik saat menggunakan hijab yang sesuai dengan bentuk muka:

  • Bagi yang mempunyai wajah panjang atau lonjong.

Yang pertama yang dibahas yaitu bagi Anda yang mempunyai bentuk muka panjang, biasanya ini banyak terjadi bagi masyarakat yang masih mempunyai keturunan arab. Muka panjang sampai dengan dahi sebaiknya menggunakan jenis hijab dengan inner dalam sampai dengan dahi. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi efek panjang dari wajah dan menimbulkan keseimbangan. Kemudian bagi Anda yang mempunyai rambut panjang jangan ikat rambut terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan kesan muka yang semakin panjang. Sesuaikan ikatan rambut supaya menimbulkan keselarasan yang cantik dalam bentuk muka.

  • Untuk yang mempunyai wajah bulat.

Tips cantik mengenakan model hijab untuk Anda yang mempunyai wajah bulat yaitu pilih hijab yang dapat menutupi bagian luar pipi. Jadi kesannya memperkecil bentuk muka dan menutupi bentuk pipi yang besar atau chubby. Gunakan bahan yang mempunyai serat tinggi seperti rajut, sifon jagung yang dapat menyeimbangkan bentuk muka supaya tidak terlihat semakin bulat. Hindari penggunaan hijab yang tipis karena hal tersebut akan semakin mempertegas bentuk wajah Anda yang bulat. Untuk bentuk rambut sendiri ikat seperti biasa jangan cepol karena itu semakin membuat kesan lebar.

  • Wajah oval.

Mungkin bentuk ini merupakan bentuk wajah yang paling mudah saat dikenakan bentuk hijab. Karena bentuk wajah oval memang telah memberikan kesan yang pas dan selaras tidak terlalu panjang ataupun tidak terlalu bulat. Bagi pemilik wajah itu bisa menggunakan jenis hijab turban atau yang terbuka dibagian tulang pipi. Hal itu akan membuat wajah Anda terlihat tegas dan semakin seimbang.

  • Wajah segitiga.

Jenis selanjutnya ini cocok menggunakan bentuk hijab yang longgar, jadi fokuskan pada pemberian efek lipatan pada bagian dahi yang dapat memberikan kesan lebih lebar. Model hijab ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai bentuk wajah segitiga yang dahinya lebih tajam.