Celana panjang merupakan salah satu model pakaian yang paling banyak dimiliki oleh seseorang. Bentuknya yang panjang memberikan rasa sopan dan nyaman saat dikenakan. Celana panjang sendiri ada banyak jenisnya yang dibedakan dari bahan pembuat. Dari banyaknya bahan yang digunakan, ada satu bahan yang menjadi pilihan favorit untuk berbagai kebutuhan kegiatan. Bahan tersebut adalah denim yang kini banyak dijadikan pembuat celana panjang atau disebut sebagai celana jeans. Celana denim nyaman digunakan, kuat untuk melindungi kulit serta memberikan tampilan apik bagi penggunanya untuk berbagai suasana.

 Tips Membersihkan dan Merawat Celana Denim

Anda bisa membeli celana jeans dari harga Rp. 60 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung merk dan kualitasnya. Rentang harga yang besar tersebut memungkinkan siapa saja untuk bisa mengoleksinya dalam jumlah banyak. kenyamanan saat menggunakan celana jeans juga membuatnya menjadi pilihan outfit sehari-hari. Namun hal ini jugalah yang membuat celana jeans lebih mudah rusak dibandingkan celana yang lain. Pemakaian yang lebih sering disertai dengan cara perawatan dan pembersihan yang salah dapat menyebabkan serat denim cepat rusak dan sobek. Pastinya Anda tak ingin hal ini terjadi pada celana jeans kesayangan yang telah lama menemani hari-hari Anda. Meski ada juga trend dengan celana sobek namun bukan berarti Anda membiarkan celana menjadi rusak. 

Untuk menjaga kualitas celana denim agar selalu kuat dan bisa dipakai dengan nyaman dalam waktu cukup lama, Anda perlu memperhatikan cara merawat dan membersihkan celana jeans. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga jeans agar tetap awet digunakan:

  • Frekuensi mencuci jeans.

Celana jeans yang sering dicuci akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan celana jeans yang lebih jarang dicuci. Sebaiknya Anda hanya mencuci jeans satu kali dalam seminggu agar serat kain dapat menahan gesekan. Asalkan tak terlalu kotor, Anda bisa menggunakan celana jeans seperti biasa karena pada umumnya jeans tidak menunjukkan warna kotor dalam penggunaan biasa. 

  • Cuci dengan tangan.

Cara paling baik mencuci jeans adalah dengan merendamnya terlebih dahulu menggunakan detergen selama 30 menit. Perhatikan paduan warna saat merendam 2 atau 3 celana jeans sekaligus. Setelah kotoran terangkat, cucilah perlahan menggunakan tangan Anda. Kekuatan tangan tak akan merusak serat kain dibandingkan dengan putaran mesin cuci. 

  • Penjemuran.

Jemur jeans dengan cara membalik kain sehingga bagian berwarna berada di dalam dan tak terkena sinar matahari langsung. 

 Baca juga artikel menarik lainnya di fashionarsis.com

Itulah cara merawat dan membersihkan celana denim yang benar agar jeans kesayangan Anda tak mudah pudar apalagi sobek tak beraturan. Menggunakan celana jeans memang nyaman, namun sebaiknya jeans yang digunakan tidak selalu jeans yang sama sehingga frekuensi pemakaiannya tak terlalu sering untuk menjaga keawetannya.