Dalam selera fashion masa kini, sneaker ternyata sudah jadi bagian penting dalam penampilan. Tidak hanya memerhatikan pakaian dan aksesoris saja, karena sepatu juga jadi salah satu faktor penunjang sempurnanya penampilan. Salah satu jenis sneaker yang populer adalah sneaker warna putih. Sepatu sneakers putih kini sangat digemari oleh banyak fashion people karena dapat memberikan efek yang sporty, comfy, dan tentu saja modis. Meski demikian, masalah utama sneaker putih adalah mudah kotor. Berikut ini akan dipaparkan tips membersihkan sneaker putih agar tetap awet yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Biarkan semua lumpur dan kotoran mengering

Bagi pakaian, semakin cepat kotoran dibersihkan maka peluang pakaian kembali bersih menjadi makin besar. Sebaliknya, pada sneaker, justru Anda harus menunggu dulu hingga lumpur atau kotoran ini mengering dulu. Karena jika langsung dibersihkan, bisa jadi kotoran ini justru makin menyebar. Biarkan semua kotoran benar-benar kering dengan menjemurnya dibawah sinar matahari, namun pastikan sudah dilapisi handuk atau kertas supaya sinar matahari tidak langsung mengenai sneakers. Setelah kotoran tadi kering, tepuk-tepukkan alas sepatu satu sama lain. Hal ini bertujuan untuk merontokkan kotoran yang tadinya menempel pada sepatu sneaker putih Anda. Jadi, kotoran yang menempel di sepatu sneaker pun berkurang banyak. Jika masih ada kotoran atau noda yang tersisa, Anda bisa mencucinya.

Bersihkan menggunakan lap dan sabun cuci

Sepatu sneaker sebaiknya tidak dicuci dalam mesin cuci. Ini penting agar lem di dalamnya tidak cepat rusak. Atau bahkan bisa merusak sol sepatu sneakers Anda. Karenanya, Anda harus mencucinya secara manual dengan tangan. Gunakan lap yang telah dibasahi air hangat dan diberi sabun. Setelahnya, Anda bisa menyapukan lap tadi ke seluruh permukaan sepatu sneaker. Cara ini sangat membantu membersihkan noda di sneakers putih berbahan rubber. Selain itu, karena dibersihkan dengan tangan, Anda bisa mengontrol kekuatan menggosoknya agar permukaan sneaker tetap dalam keadaan baik.

 Gunakan sikat gigi

Untuk noda membandel, Anda juga bisa memanfaatkan sikat gigi yang sudah tidak digunakan. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut. Sebelum digunakan, sikat sebaiknya dibasahi air dan diberi sabun terlebih dahulu. Lalu sikat bagian yang kotor perlahan, supaya tekstur sepatu tidak rusak.

 Trik untuk bagian sol dan sepatu berbahan kulit atau karet

Untuk membersihkan bagian ini memang perlu perhatian khusus. Karena jika tidak tepat, maka noda bisa membekas lama dan membuat sepatu menjadi kusam. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan pasta gigi, petroleum jelly, olive oil, WD-40 (shoe spray) dan campuran perasan jeruk nipis atau baking soda. Sebaliknya, hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung alkohol dalam kadar tinggi, seperti aseton, karena bagian tersebut akan menipis bahkan mengelupas walaupun proses penghilangan nodanya cepat.