Penggunaan busana muslim oleh wanita muslim kini bukan hanya semata saat melakukan kegiatan keagamaan saja. Busana muslim telah menjadi salah satu kepribadian serta ciri khas wanita muslimah yang menggunakannya. Kini kita akan sering melihat wanita menggunakan busana muslim lengkap dengan hijab di berbagai tempat dan jenis kegiatan tan terkecuali ketika bekerja. Jangan dibayangkan Anda akan melihat jubah hitam panjang saja di tempat bekerja, karena di Indonesia kini trend baju muslim sudah berkembang dengan pesatnya.

Tips Memilih Baju Muslim yang Tepat untuk Keperluan Bekerja Wanita Muslimah

Busana muslim untuk kegiatan bekerja para wanita muslimah akan memberikan kelebihan bagi penggunaannya. Selain memang lebih sopan karena tertutup, busana muslim yang sesuai akan lebih memberikan wibawa pada penggunaannya. Meski dahulu busana muslim cenderung menggunakan warna tua, kelam serta polos, kini busana muslim tampil lebih modern dan trendy tanpa meninggalkan syariat yang diwajibkan. Bagi Anda wanita muslimah yang ingin membeli busana muslim untuk keperluan bekerja dan masih bingung untuk memilih, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan koleksi busana yang tepat:

  • Sesuaikan dengan jenis pekerjaan.

Untuk memilih busana yang tepat, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis pekerjaan yang dimiliki. Jika Anda adalah pekerja lapangan atau praktek dimana sering melakukan kegiatan berjalan atau kegiatan fisik lainnya, pilihlah busana muslim yang nyaman untuk melakukan pekerjaan Anda tersebut. Sebagai contoh jika Anda seorang dokter yang kerap bertatap muka langsung dengan pasien ataupun melakukan operasi, pilihlah baju muslim yang memberikan keleluasaan khususnya di bagian lengan dan kaki. Namun jika Anda adalah karyawati bagian administrasi yang lebih sering duduk untuk melakukan pekerjaan, Anda bisa memilih busana muslim yang menampilkan keanggunan.

  • Model.

Ada banyak model busana muslim yang saat ini dibuat atau dirancang para designer. Anda bisa memilih mana yang paling disukai sesuai dengan kepribadian maupun jabatan Anda. Pilihan model dapat dilihat dari bentuk hijab yang digunakan, bentuk bawahan hingga bahan yang dipakai untuk membuat baju. Ada juga model terusan seperti gamis, namun ada juga yang memiliki model atasan dan bawahan serta layer seperti menggunakan jaket panjang.

  • Bahan pakaian.

Untuk busana kerja, pilihlah busana muslim yang dibuat dari bahan sejuk sehingga tubuh tak akan mudah merasa panas meski berada di luar ruangan ataupun setelah melakukan kegiatan fisik.

Baca juga: Tips Memilih Baju Muslim yang Tepat untuk Wanita Masa Kini

Cara-cara di atas bisa Anda gunakan untuk mencari dan memilih koleksi baju muslim yang tepat bagi Anda wanita muslimah yang memiliki karier. Selain tips di atas, Anda juga bisa memilih sesuai dengan aksesoris atau jilbab yang telah dimiliki sehingga dapat tampil menarik dan serasi. Gunakan aksesoris sewajarnya untuk membedakan kegiatan bekerja dengan pesta sehingga Anda bisa tampil dengan lebih berwibawa.