Seiring perkembangan zaman, model batik cenderung beragam. Mulai dari yang formal seperti  model baju batik kantor, hingga model baju batik yang nggak terlalu formal. Dengan banyaknya model yang ada, nggak jarang kita sering dibuat bingung memilih mana yang cocok atau tidak untuk dikenakan. Karena beberapa model tertentu kadang justru membuat tubuh kita tampak kurang ideal.

Nah, untuk membuang rasa khawatirmu, mending simak beberapa tips memilih model batik wanita modern yang sesuai dengan bentuk tubuh berikut ini, yuk!

Tubuh Langsing

Bagi wanita yang memiliki tubuh langsing cenderung tak memiliki masalah yang terlalu kompleks dalam urusan memilih pakaian yang ingin dikenakannya. Meskipun begitu, bukan berarti hal ini bisa disepelekan begitu saja, ya! Salah-salah, nanti tubuhmu malah terlihat terlalu kerempeng dan tampak seperti tiang listrik. Pastinya, kamu nggak mau seperti itu, kan?

Untuk menyiasatinya, kamu bisa pilih model baju batik atasan dan dipadupadankan dengan celana panjang atau rok. Metode two pieces ini bisa memberikan ilusi lekukan pada bentuk tubuhmu, sehingga kamu nggak terlihat terlalu “rata”.

Tapi, nggak ada salahnya juga kalau kamu pengin pakai dress biar kelihatan lebih feminin. Untuk menyiasati agar tubuh tak terlihat terlalu kerempeng, kamu bisa kenakan ikat pinggang. Selain sebagai pemanis, ikat pinggang juga berfungsi untuk menciptakan ilusi lekukan pada bagian pinggangmu. Kamu juga bisa kenakan dress yang memiliki bentuk yang menonjolkan beberapa bagian tubuh. Misalnya saja jika ingin terlihat memiliki bahu yang sedikit lebih lebar, carilah dress yang memiliki bentuk tegas pada bagian bahu. Atau, bisa juga kenakan dress batik yang memiliki bentuk melebar di bagian pinggang untuk memberi kesan lekukan pada tubuhmu.

Sebisa mungkin, hindari mengenakan batik yang memiliki corak dan warna yang terlalu polos. Pilihlah yang memiliki warna dan corak yang terlihat ramai karena hal ini akan membuat tubuhmu terkesan lebih berisi.

Tubuh Berisi

Memiliki tubuh berisi terkadang memang tak terlalu diharapkan oleh sebagian wanita. Tapi, bukan berarti memiliki tubuh yang lebih besar dari wanita lain itu dosa, lho. Kamu tetap bisa tampil cantik dan menawan asalkan tahu cara menyiasatinya, salah satunya adalah dalam hal memilih baju.

Untuk memberikan kesan agar tubuh tampak lebih langsing, ada beberapa model baju yang bisa kamu pilih. Untuk mendapatkan kesan leher jenjang misalnya, pilihlah bentuk leher V (V neck). Mengenakan pakaian yang ketat juga sepertinya bukan pilihan yang tepat karena hanya akan memperlihatkan lekuk tubuhmu. Untuk mengatasinya, kamu bisa kenakan pakaian berlayer untuk menutupi lipatan-lipatan tubuh, salah satu contohnya adalah model peplum.

Kebalikan dengan wanita yang bertubuh kurus, ada baiknya pilihlah baju batik dengan warna gelap dan corak yang nggak terlalu ramai dan mencolok. Bisa dibilang, warna gelap adalah sahabat bagi mereka yang memiliki tubuh berisi. Alasannya, warna gelap mampu menyamarkan bayangan lipatan lemak pada tubuh, jadi saat mengenakannya kamu akan tampak lebih kurus.

Saat mengenakan dress dan ingin memakai aksesoris berupa ikat pinggang, ada baiknya pilihlah yang memiliki ukuran kecil. Jika salah ukuran, bukannya terlihat langsing, tapi ikat pinggang yang kamu kenakan akan menjadi bumerang karena berpotensi untuk membuat lipatan lemakmu jadi kelihatan.

Nah, itulah tadi sedikit tips dalam memilih model baju batik wanita modern sesuai dengan keadaan tubuhmu. Sebenarnya, tak ada aturan yang mutlak. Kamu hanya perlu merasa nyaman saat mengenakan sesuatu. Dengan merasa nyaman, maka kamu akan lebih percaya diri dengan penampilanmu.