Dasi pria adalah aksesories leher yang digunakan sebagai pelengkap penampilan. Item ini sering dibuat dari bahan sutra. Selain karena bentuknya yang halus dan khas, sutra juga memberi kesan mewah tersendiri pada pemakainya.

Tips Memilih Dasi Pria yang Cocok untuk Bekerja

Pada umumnya, kaum pria bekerja dengan tampilan formal. Tampilan tersebut identik didapat dari paduan kemeja, dasi, dan jas. Bahkan, tanpa jas pun, kemeja dan dasi pria sudah memberikan ketegasan sendiri dalam fashion kerja dan sangat tidak cocok apabila dikenakan untuk acara non formal.

Sayangnya, memilih dasi pria juga tidak bisa sembarangan. Asal dalam memilih tentu saja bisa menyebabkan penampilanmu seperti fashion disaster. Tentu kamu tidak mau jika ke kantor dan menjadi bahan tertawaan hanya karena warna dasi yang kamu pilih tidak pas dengan kemeja.

Berikut adalah tata cara memilih dasi pria yang pas untuk dikenakan bekerja :

  • Colour Wheel Sangat Penting

Colour wheel adalah lingkaran warna yang terdiri dari warna-warna dasar dengan dikelilingi oleh tint putih dan hue gelap sebagai penunjuk hubungan antar warna itu sendiri. Memahami teori warna sangat penting karena sejatinya warna dapat menunjukkan emosi pemakainya. Seseorang yang selalu muram cenderung memilih warna-warna gelap saja. Untuk itulah diperlukan pemahaman tentang colour wheel. Selain untuk memahami asal muasal campuran warna, colour wheel juga berguna untuk mengetahui padu padan yang pas dari warna-warna itu sendiri.

  • Padankan Warna Kemeja

Untuk memadukan dengan kemeja, rumus utamanya adalah memilih warna dasi yang lebih gelap dari kemeja itu sendiri. Jangan pernah memilih dasi yang memiliki warna dan motif sama dengan kemeja. Berikut ada beberapa warna yang cocok dan bisa kamu pilih sebagai referensi :

  • Putih

Warna ini memang paling dasar dan banyak dipilih karena akan terlihat cocok dengan motif dan warna dasi apapun

  • Biru

Warna ini termasuk jenis warna netral yang akan memberikan kesan hangat pada kulit pemakainya. Bahkan, warna biru muda sangat coock untuk dipadu dengan dasi bermotif.

  • Pink

Siapa bilang kaum pria tidak boleh memakai warna pink? Warna ini malah akan menampilkan kesan lembut dan segar pada penggunanya. Apalagi jika ditambah dengan dasi warna biru dan bermotif. Kesan feminin yang dibawa pink akan terganti dengan tampilan lebih menawan.

  • Netral

Warna netral biasanya adalah hitam. Hal ini karena sama dengan kemeja outih, kemeja gelap tentu akan mudah untuk dipadukan dengan dasi warna apapun

  • Tambahkan Aksesories Lain

Tambahan tersebut bisa berupa Pin, Collar stays, hingga Cufflink untuk semakin menambah kesan resmi dan juga memberikan tampilan yang lebih menawan.

Baca juga: Cara Mencuci dan Merawat Jas Pria dengan Aman di Rumah

Demikianlah tips memilih dasi pria untuk bekerja. Pemilihan dasi dan kemeja yang tepat tentu akan menambah rasa percaya diri dan meningkatkan rasa kagum orang lain. Selamat mencoba.