Dompet adalah salah satu kebutuhan penting bagi wanita. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan saja, dompet bati wanita juga memiliki fungsi sebagai pelengkap penampilan. Dompet bagi wanita sangat beragam, baik bahan maupun modelnya. Dengan demikian, fungsi dan kegunaannya pun berbeda-beda. Berikut ini beberapa tips memilih dompet wanita sesuai kebutuhan

baca juga: Tiga Jenis Dompet Wanita Yang Popular Digunakan Sehari-Hari

Menentukan jenis dompet

Jenis dompet dapat disesuaikan dengan keguanannya. Saat ini beberapa model dompet yang populer adalah compact, long, wristlet, opera, trifold, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang suka menyimpan benda-benda yang sering digunakan saat berjalan, dompet jenis wrislet bisa jadi pilihan menarik. Jenis dompet ini dapat digunakan di pergelangan tangan agar mudah dijangkau dan dibuka jika diperlukan. Sebaliknya, dompet jenis opera dan persegi panjang sangat cocok digunakan untuk menyimpan barang berharga, semisal kartu dan uang tunai. Pilihan dompet compact cocok bagi Anda, kaum wanita tetapi ingin memiliki tampilan yang lebih maskulin.

Perhatikan daya tahan bahan

Ada banyak bahan yang biasa digunakan untuk membuat dompet wanita. Contoh yang paling banyak digunakan adalah bahan nilon. Selain itu ada uga yang berasal dari sintetis maupun kain alami. Untuk tampilan yang eksotis dan unik, Anda bisa memilih dompet dengan bahan dari kulit binatang. Atau bahan-bahan alam lain seperti olahan kulit kayu atau daun yang diawetkan.

Jika Anda mempertimbangkan keawetan dan daya tahan, maka dompet yang berasal dari kulit adalah pilihan terbaik. Selain itu kulit juga lebih tahan dari tekanan, dan gesekannya pun lebih kuat. Meski demikian, perawatan untuk dompet dari bahan kulit memang butuh perhatian khusus.

Perhatikan kesesuaian ukuran

Memilih dompet sesuai kebutuhan artinya memerhatikan benar soal ukuran. Tidak jarang, wanita tidak memerhatikan ukuran dompet dan hanya mempertimbangkan saja rasa suka pada dompet tertentu. Padahal belum tentu dibutuhkan. Sebenarnya, ukuran sangat menentukan kenyamanan penggunaan dompet. Dompet yang besar sangat cocok untuk bepergian jauh, karena di dalamnya bisa disimpan banyak barang penting. Begitu pula sebaliknya, untuk kepentingan yang singkat atau dalam jarak dekat, sebaiknya pilih jenis dompet yang kecil saja.

Tidak jarang juga, pemilihan dompet yang tidak menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan justru menjadi tempat sampah, seperti kertas-kertas tak terpakai ataupun barang riasan, semisal kaca dan sisir yang memberatkan. Atau jika dompet Anda terlalu kecil, memang cocok untuk menyimpan barang-barang kecil tetapi kurang ruang untuk menyimpan barang-barang yang lebih besar.

Memilih desain dan warna

Ada banyak desain dan warna dompet yang dapat Anda pilih. Untuk mendapatkan pilihan yang tepat, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Pertama, pastikan desain dan warna seperti apa yang paling cocok dengan kepribadian Anda. Setelah itu, lihat kesesuaian dompet dengan penampilan Anda. Apakah sudah sesuai dengan pakaian yang Anda kenakan atau belum. Dan ketiga, sesuaikan juga dengan tujuan acara atau tempat yang akan Anda tuju. Umumnya dompet sehari-hari berwarna hitam, merah, dan cokelat. Sedangkan untuk bepergian bisa berwarna emas, putih, dan selainnya.