Jam tangan sekarang tidak hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun bisa membuat penampilan terlihat lebih trendi. Seiring perkembangan fashion khususnya busana yang semakin berkembang pesat, diikuti pula dengan hadirnya beragam desain jam tangan wanita dan pria.

Sama halnya dengan memilih benda fashion lainnya, memilih jam tangan juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa aturan sendiri yang dianjurkan, yaitu menyesuaikan dengan warna kulit dan bentuk tangan. Jika salah memilih, dapat membuat penampilan terlihat aneh.

Baca juga: Tips Jam Tangan Wanita Dan Pria Sesuai Dengan Bentuk Pergelangan Tangan

Jadi sebelum memutuskan membeli jam tangan, sebaiknya ikuti beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan agar mendapatkan jam tangan wanita atau pria yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan memilih jam tangan sesuai dengan bentuk tangan.

Tangan Dengan Diameter Kecil

Umumnya dimiliki oleh orang yang tubuhnya kurus dan tampak ringan. Bagi Anda yang memiliki jenis tangan ini sebaiknya hindari menggunakan jam tangan yang memiliki tali lebar dan berbandul besar, karena malah memberikan kesan tangan terlihat lebih kecil. Sebaiknya pilih jam yang talinya tipis, kecil dan bandulnya kecil.

Tangan Dengan Diameter Besar

Umumnya bentuk tangan ini dimiliki oleh orang yang tubuhnya gemuk. Bagi Anda yang memiliki bentuk tangan ini sebaiknya hindari menggunakan jam tangan yang talinya kecil dan bandulnya kecil. Karena malah membuat tangan terlihat tenggelam. Jadi sebaiknya pilih jam yang talinya sedang dan lebar dengan bahan yang tidak terlalu tipis dengan bandul jam yang ukurannya juga sedang atau besar.

Tangan Berotot

Umumnya pemilik tangan yang berotot adalah yang orang yang memiliki hobi berolahraga. Ciri-cirinya ditandai dengan tampilan tangan yang kuat, keras dan berurat. Jika Anda memiliki bentuk tangan berotot sebaiknya hindari menggunakan jam tangan yang talinya terbuat dari bahan stainless stell atau chroom, kain dan gelang. Mengapa? karena terlihat tidak seimbang, tidak sebanding dan kurang sesuai dengan kegagahan tangan berotot. Sebaiknya pilih jam yang ukuran tali dan bandulnya agak besar. Model jam yang tepat adalah yang memberikan kesan sporty atau maskulin.

Bentuk Tangan Proposional

Biasanya yang memiliki bentuk tangan proposional adalah orang yang memiliki tubuh dan bobot tubuh yang proposional pula. Dari segi penampilan, tangan yang proposional ukurannya sedang, tidak berlemak namun tidak terlalu berotot. Nah, bagi Anda yang memiliki bentuk tangan ini bisa menggunakan jenis atau bentuk jam apa saja.

Tangan Lebar Dan Pipih

Beberapa orang memiliki bentuk tangan yang pipih namun lebar. Jika Anda memiliki bentuk tangan seperti ini sebaiknya pilih jam tangan wanita atau pria yang memiliki bandul kecil atau besar. Namun lebih terlihat indah jika menggunakan jam tangan yang bahannya terbuat dari bahan stainless steel atau chroom.