Jam tangan tak hanya sebagai alat penunjuk waktu semata, akan tetapi jam tangan juga bisa menjadi aksesoris yang membuat penampilan semakin trendy. Tak hanya kaum pria saja, namun para wanita sekarang pun gemar mengenakan jam tangan. Ada banyak jam tangan wanita yang bisa menjadi pilihan, dan berikut ini adalah cara memilih jam tangan yang tepat untuk wanita sesuai dengan bentuk tangan serta warna kulit.

Ketika memilih jam tangan wanita, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menyesuaikannya dengan warna kulit:

Kulit Cerah

Untuk wanita yang mempunyai kulit cerah, maka tidak perlu bingung ketika akan memilih jam tangan. Pemilik kulit cerah bebas menentukan warna jam tangan, baik itu yang warna gelap, cerah, atau warna soft.  Semua warna jam tangan cocok dikenakan untuk pemilik kulit cerah, seperti hitam, merah, cokelat, biru tua, stainless warna keemasan atau silver.

Kulit Gelap

Bagi wanita dengan kulit gelap atau sawo matang pekat, sebaiknya pilih jam tangan dengan warna yang netral sertalembut seperti abu-abu atau krem.

Kulit Sedang

Selain kulit cerah dan gelap, ada juga yang mempunyai warna kulit sedang, yaitu tidak cerah, dan tidak gelap. Sama halnya pemilik kulit cerah, pemilik kulit sedang juga bebas memilih warna jam tangan, namun bisa juga disesuaikan dengan aktifitas yang dikerjakan atau pakaiaan yang dikenakan.

Selain memilih jam tangan harus disesuaikan dengan warna kulit, juga harus disesuaikan dengan bentuk pergelangan tangan.

Pergelangan Tangan Kecil

Pemilik pergelangan tangan kecil sebaiknya memilih atau menggunakan jam tangan yang memiliki tali berukuran kecil serta bazel yang juga kecil karena pemilik pergelangan tangan yang kecil biasanya adalah orang bertubuh kurus.  Jangan menggunakan jam tangan yang memiliki tali lebar serta bazel besar karena akan membuat bentuk jam dan jam tangan tidak proporsional.

Pergelangan Tangan Besar dan Berlemak

Bagi pemilik tangan jenis ini sebaiknya tidak menggunakan jam tangan dengan tali atau bazel kecil karena bentuk jam tangan akan tenggelam. Pilih jam tangan dengan tali sedang atau lebar, bahan tali tidak tipis, serta ukuran bazel sedang atau besar.

Pergelangan Tangan Proporsional

Pemilik tangan proporsional cocok untuk mengenakan segala jenis atau segala bentuk jam, baik itu bertali kecil atau besar, berbezel kecil atau besar, atau berbahan tipis atau tebal.

Pergelangan Tangan Lebar dan Pipih

Pemilik pergelangan tangan ini juga cocok menggunakan segala macam jenis jam tangan, akan tetapi akan lebih indah apabila mengenakan jam tangan berbentuk gelang berbahan stainless steel dibandingkan jam tangan dengan tali dari bahan kulit atau kanvas.

Itulah cara memilih jam tangan wanita berdasarkan warna kulit serta bentuk pergelangan. Dengan mengenakan jenis jam tangan yang tepat, tentunya selain bisa mempercantik penampilan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.