Ketika bekerja pakaian yang dikenakan tentu harus menyesuaikan dengan jenis dan tempat kerja seseorang. Misalnya untuk yang bekerja di kantor harus menggunakan pakaian yang formal dan juga yang terpenting adalah rapi. Salah satu pilihan pakaian untuk bekerja tersebut yang dikenakan pria adalah jas yang digunakan sebagai luaran kemeja. Jas pria ini mempunyai banyak pilihan model yang bisa dipilih yaitu jas dengan model yang resmi cocok digunakan untuk ke kantor, jas semi formal yang digunakan untuk acara formal dan juga semi formal, dan berbagai model jas yang lebih stylish lainnya yang cocok digunakan untuk kegiatan santai dan semi formal. Ketika akan memilih jas sendiri ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan sehingga mendapatkan jas terbaik seperti berikut ini:

Tips Memilih Jas Pria yang Tepat untuk Kegiatan Santai dan Formal

  • Memperhatikan ukuran bahu

Tips pertama untuk memilih jas adalah dari memperhatikan ukuran bahunya. Pilihlah ukuran baju yang pas sehingga tidak kebesaran dan harus dikecilkan terlebih dahulu agar memberikan tampilan yang terbaik. Oleh karena itulah ketika memilih jas perhatikan bentuk garis bahu yang pas sehingga akan lebih nyaman karena tidak kekecilan dan juga tidak kebesaran. Jas dengan bahu yang pas juga memberikan kesan lebih rapi ketika digunakan. Untuk membuat jas tersebut lebih nyaman digunakan juga bisa untuk menambahkan shoulder pad sehingga membuat bahu terlihat fit.

  • Memperhatikan kerah

Tips penting lainnya untuk memilih jas pria yang tepat adalah dari kerahnya. Anda bisa untuk memperhatikan bagian kerah jas yang merupakan bagian paling penting. Ketika akan memilih jas selalu pilih untuk kerah jas yang mempunyai lebar maksimalnya 2 inch. Selain itu juga hindari untuk memilih bentuk kerah jas yang terlalu lebar atau terlalu kecil karena akan terlihat aneh. Sedangkan bentuk dan ukuran kerah yang baik akan membuat tampilan lebih sempurna.

  • Ujung kemeja

Tips selanjutnya ketika akan memilih jas adalah dari ujung kemejanya. Pastikan untuk memilih jas dengan ujung di bagian tangan yang lebih panjang sehingga bisa untuk ditekuk dan dikancingkan. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih dan mencoba jas tersebut lebih dahulu sehingga mendapatkan ujung kemeja dengan panjang yang tepat. Karena akan sangat aneh ketika memilih jas yang mempunyai ukuran ujung kemeja di bagian tangan lebih pendek atau terlalu panjang.

Baca juga: 5 Aturan Penting yang Harus Dipahami dalam Memakai Jas Pria Agar Tak Salah Gaya

  • Memperhatikan kantung

Dan hal terakhir yang harus diperhatikan ketika memilih jas pria adalah dari kantungnya. Sekarang ini model jas yang baru adalah yang mempunyai kantung jas dengan tutup atau yang juga disebut dengan flap pocket. Selain itu juga pilih jas yang mempunyai kantung di bagian dalam yang dapat untuk menyimpan barang bawaan seperti handphone atau dompet.