Kemeja tidak hanya menjadi pakaian khusus pria saja, namun sudah banyak wanita yang menggunakan kemeja. Kemeja pria dan kemeja wanita bisa dibedakan dengan melihat bentuknya. Karena kemeja wanita sengaja didesain mengikuti tubuh wanita yang bentuknya oval.

Dulu, kemeja identik dengan pakaian kantor atau acara-acara formal, resmi. Hal ini dikarenakan jika menggunakan kemeja bisa membuat penampilan terlihat lebih rapih walaupun dalam suasana nonformal. Sekarang berbeda, kemeja bisa digunakan untuk acara santai atau bergaya casual karena sudah banyak model kemeja yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang menyukai kemeja, atau sedang berencana beli kemeja wanita baru, ada baiknya ikuti tips berikut ini:

Pilih Kemeja Panjang Atau Pendek

Secara garis besar, kemeja dapat dibagi menjadi dua. yaitu kemeja lengan pendek dan lengan panjang. Ada banyak sekali model, motif dan warna kemeja yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Namun sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan acara yang akan Anda hadiri. Misalnya jika acara yang akan Anda hadiri sifatnya nonformal dan membolehkan bergaya casual namun rapih, Anda bisa pilih kemeja lengan pendek, namun jika acaranya formal dan resmi bisa gunakan kemeja lengan panjang. Hal ini berlaku juga jika Anda mencari/ hendak membeli kemeja untuk pria.

Pilih Bahan Yang Nyaman

Kenyamanan busana yang digunakan sangat tergantung pada bahan kemeja itu sendiri. Pastikan kemeja menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat, apalagi jika menggunakan kemeja untuk aktivitas di luar ruangan atau mobile. Selain bahannya perhatikan juga ketebalan bahan kemeja tersebut. Sebaiknya jangan pilih kemeja yang bahannya terlalu tipis ataupun terlalu tebal.

Pilih Ukuran Yang Tepat

Tips berikutnya memilih kemeja yang tepat adalah ukuran. Yang dimaksud dengan ukuran disini adalah yang sesuai dengan postur atau bentuk tubuh. Hindari menggunakan kemeja yang terlalu besar, karena bisa membuat tubuh tenggelam di dalamnya. Selain itu hindari memilih kemeja yang terlalu kecil, karena selain tidak nyaman bisa membuat kancing di bagian dada terbuka sendiri.

Pilih Bentuk Kemeja

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahwa kemeja pria dan wanita bisa dibedakan dari bentuknya yaitu pada bagian pinggul. Kemeja pria desainnya dibuat lurus, berbeda dengan kemeja wanita dibuat oval mengikuti lekuk tubuh khususnya bagian pinggul.

Pilih Bawahan

Tips terakhir yang harus diperhatikan dalam memilih kemeja adalah memadukan kemeja dengan bawahan yang akan digunakan. Apakah menggunakan rok panjang, celana panjang, rok pendek atua rok panjang. Usahakan warna dan model bawahan senada dengan kemeja yang dipakai.

Penggunaan Aksesoris

Menggunakan kemeja bisa diberi aksen pemanis berupa aksesoris. Namun pastikan aksesoris yang digunakan sesuai dengan warna dan corak kemeja. Hal ini dilakukan agar saat menggunakan kemeja wanita penampilan terlihat menarik dan fashionable.