Kacamata saat ini adalah aksesori fashion yang paling banyak diincar oleh para masyarakat setempat. Untuk Anda yang sedang kebingungan dalam melakukan pemilihan pada jenis kacamatanya yang terbaik, maka Anda pun juga harus memperhatikan pada jenis lensa yang tepat agar lensa kontak tidak mengganggu mata Anda. Seiring dengan adanya kemajuan teknologi, maka lensa pun juga tidak ingin ketinggalan juga. Pada jaman dahulu, lensa dibuat secara eksklusif dari kaca.

 Tips Memilih Lensa Kacamata yang Tepat dan Aman untuk Anda

Jika Anda berencana ingin melakukan pembelian aksesoris ini sebagai aksen tambahan dalam penampilan Anda, maka sangat penting sekali bagi Anda untuk mengenal lebih banyak lagi mengenai jenis lensa yang tepat untuk Anda pilih. Hal ini dikarenakan di pasaran menyuguhkan banyak pilihan kepada Anda. Sehingga sebagai pembeli haruslah lebih jeli dan teliti dalam melakukan pemilihan lensa yang tepat dan terbaik. Agar Anda tidak salah memilihnya, maka simak beberapa jenis lensa yang ada di bawah berikut ini:

  •  Polikarbonat.

Lensa ini akan tahan benturan ini yang dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik jika Anda bermain olahraga, karena lensa ini tidak akan mudah rusak atau pecah dan memiliki perlindungan UV built-in.

  • Trivex.

Lensa ini terbuat dari plastik yang lebih ringan, tipis, dan tahan benturan. Lensa ini dapat mengoreksi visi yang lebih baik untuk beberapa orang.

  • Aspheric.

Untuk lensa kacamata ini memiliki berbagai derajat kelengkungan. Itu berarti lensa ini bisa lebih tipis dan datar sehingga Anda dapat menggunakan bagian yang lebih besar dari permukaan.

  • Photochromic.

Sinar matahari mengubah ini dari jelas menjadi berwarna. Anda mungkin tidak lagi membutuhkan yang warna hitam, meskipun mereka mungkin tidak menggelapkan atau menghalangi sinar UV. Lensa ini bisa berupa kaca atau plastik.

 Baca juga artikel menarik lainnya di fashionarsis.com

Apabila Anda mengalami gangguan pada penglihatan Anda, maka untuk pemilihan lensa pun juga memiliki pengaruh yang harus diperhatikan dengan baik. Anda akan memerlukan lensa cekung (lekuk ke dalam) jika Anda rabun jauh. Lensa cembung (melengkung ke luar) akan membantu jika Anda rabun dekat. Jika Anda memiliki astigmatisme, kornea Anda berbentuk salah, sehingga lensa Anda mungkin lebih seperti silinder. Sederhananya, lensa adalah alat yang Anda gunakan untuk memfokuskan cahaya ke retina Anda dengan cara yang benar. 

Jika Anda berusia pertengahan 40-an atau lebih, Anda mungkin memiliki kacamata dengan lensa multifokal, seperti bifokal atau trifokal. Ini memiliki dua atau lebih resep untuk memperbaiki visi Anda. Di jaman dahulu, Anda dapat melihat jenis lensa ini dengan garis antara dua bagian. Saat ini, sebagian besar terbuat dari plastik berteknologi tinggi. Sedangkan lensa keluaran terbaru ini pun juga jauh lebih ringan, tidak mudah pecah seperti kaca, dan dapat diobati dengan filter untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusaknya.