Cardigan adalah jenis item fashion yang terbuka pada bagian depannya dan dapat diberi kancing atau resleting. Cardigan diambil dari seorang nama bangsawan Inggris, Earl of Cardigan yang merupakan salah satu komandan militer pasukan Inggris Raya. Salah satu jenis outer ini dapat dibuat memakai mesin dan handmade. Bahannya pun terbuat dari wol dan yang paling disukai adalah tipe rajut.

Tips Mencuci dan Merawat Cardigan Rajut Agar tidak Cepat Rusak

Rajut sendiri berasal dari hasil tenunan dari satu benang yang dibuat sedemikian rupa menjadi sebuah karya. Rajut dapat dibuat untuk bermacam-macam jenis barang, mulai dari kerajinan hingga pakaian. Nah… cardigan dari rajut inilah yang sangat digandrungi oleh kaum hawa.

Sayangnya, bahan rajut sering cepat rusak. Hal ini mungkin dikarenakan cara perawatannya yang tidak tepat. Kain rajut lebih cepat melar dibanding kain yang lain. Padahal di musim hujan nanti, cardigan rajut sangat penting untuk menghangatkan tubuh. Atau jika memang ingin liburan ke tempat-tempat sejuk seperti puncak dan gunung, bahan rajut juga sering dipakai. Entah untuk kain penghangat tubuh, tangan, atau topi.

Berikut adalah tips mencuci dan merawat cardigan rajut agar tidak cepat rusak dan kain awet :

  • Cuci Menggunakan Tangan

Kain rajut sangat sensitif dengan cara pencucian. Sebaiknya, cuci rajut dengan tangan agar daya menggosok kainnya tidak terlalu besar. jangan menggunakan mesin karena selain akan membuat kain melar, mencuci dengan mesin sering tidak membersihkan noda. Adapun langkah-langkah pencuciannya adalah :

  • Rendam dalam larutan air yang telah diberi detergen selama 5 menit
  • Kucek perlahan dengan tangan dan merata
  • Bilas menggunakan air bersih dan ulangi sampai 2 kali membilas
  • Jangan memeras bahan rajut dengan kekuatan penuh. Cukup peras perlahan agar air yang menyerap dapat keluar.
  • Lebih baik jangan dikeringkan dengan mesin. Cukup keringkan secara manual di bawah sinar matahari meski prosesnya sangat lama. Hal ini karena bahan rajut menyerap air yang sangat banyak sehingga perlu beberapa waktu untuk bisa kering. Jangan gantung kain saat menjemurnya. Cukup bentangkan saja dan tunggu hingga kain kering.
  • Jangan Sering Dicuci

Semua bahan apapun jika sering dicuci memang hasilnya tidak akan bagus. Jeans saja bisa cepat pudar apalagi rajut. Selain itu, keseringan dicuci juga membuat keelastisitasan kain semakin berkurang hingga dapat menyebabkan melar.

  • Kenakan Kain Katun Sebagai Inner

Agar tidak merusak rajutan, kenakan pakaian dari katun sebagai dalaman. Bahan selain katun dapat merusak bahan rajut sehingga menyebabkan tidak awet.

  • Disimpan dengan Dilipat

Seperti proses penjemuran, tidak baik jika menggantung kain rajut terlalu lama. maka dari itu, cukup lipat kain dan simpan dalam lemari yang sudah diberi kapur barus untuk menjaga keawetan kain dari ngengat maupun serangga pengganggu.

Baca juga: Cardigan Terbaru untuk Wanita Berjilbab Lebih Anggun dan Sporty

Itulah tips cara mencuci dan merawat cardigan berbahan rajut secara baik dan benar. Selamat mencoba.