Setiap muslimah yang mengenakan hijab tentunya tetap ingin tetap tampil cantik dan trendi, salah satunya adalah dengan mengenakan hijab modern yang sedang tren saat ini. Meski begitu, tidak semua gaya hijab yang sedang tren bisa diaplikasikan, salah satunya harus disesuaikan dengan bentuk wajah agar tampilan hijab cocok dan pas. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa diikuti saat mengenakan hijab yang disesuaikan dengan bentuk wajah:

  • Hijab untuk Wajah Lonjong

Pemilik wajah lonjong atau memanjang sebaiknya menggunakan model hijab yang dipadukan dengan inner, penggunaan inner di sini bermanfaat untuk menutupi sebagian area dahi. Hindari penggunaan hijab gaya turki yang memperlihatkan bagian dahi. Pilih hijab model pashmina dengan bahan katun agak tebal agar wajah terlihat lebih berisi. Gaya hijab bervolume juga sangat cocok untuk pemilik wajah lonjong, seperti gaya turban, gaya lilit lapis, atau gaya bertumpuk.  

  • Hijab untuk Wajah Oval

Wajah oval cocok untuk mengenakan segala macam bentuk atau gaya hijab modern apapun, sehingga tak ada tips khusus dalam penggunaan hijab ini. Namun, jika ingin terlihat lebih serasi, warna hijab bisa disesuaikan dengan warna yang senada dengan baju atau pakaian yang dikenakan. Hal ini akan membuat penampilan lebih manis serta anggun.

  • Hijab untuk Wajah Persegi

Bagi pemilik wajah persegi, sebaiknya lebih memperhatikan sudut-sudut pada bagian wajah ketika mengenakan hijab sehingga sudut-sudut tegas pada bagian wajah bisa tersamarkan. Untuk memberikan kesan wajah agar terlihat lebih oval, caranya adalah dengan menutup sebagian rahang ppi pada bagian bawah menggunakan inner atau hijab yang dikenakan.

  • Hijab untuk Wajah Bulat

Pemilik wajah bulat biasanya bermasalah dengan kondisi pipi yang tembem atau chubby, sehingga harus lebih berhati-hati saat memilih model hijab yang tepat agar pipi tidak terlihat lebih tembem. Untuk yang memiliki bentuk wajah bulat, bisa menggunakan caps pada bagian dalam hijab untuk lebih meniruskan pipi, atau bisa juga dengan mengenakan inner antem (anti tembem) yang sekarang banyak beredar di pasaran. Hijaber dengan wajah bulat juga bisa menggunakan hijab dengan layer sehingga menyamarkan bentuk pipi. Apabila mengenakan ciput, jangan terlalu rendah hingga menutupi bagian kening karena justru akan membuat wajah terlihat semakin bulat.

Baca juga: 3 Merk Hijab Modern yang Cocok Bagi Anak Muda dan Wanita Dinamis

  • Hijab untuk Wajah Segitiga atau Hati

Untuk pemilik wajah dengan bentuk hati atau segtiga sebaiknya mengenakan inner dengan sudut jahitan yang dipasangkan pada bagian bawah tulang pipi. Gunakan topi dengan lengkung natural, jangan menggunakan hijab terlalu maju pada bagian dagu agar dagu tidak terkesan semakin lancip dan atur hijab pada bagian dahi agar agak ke atas.  

Itulah beberapa tips menggunakan hijab modern untuk pemilik berbagai macam bentuk wajah agar penampilan semakin anggun, cantik, menarik, dan tentunya sesuai dengan syariat agama Islam.