Wanita memang identik dengan aksesoris yang bervariasi dan menarik, hal ini sesuai dengan kodrat mereka yang menyukai keindahan. Anda pun tentu sudah akrab dengan berbagai aksesoris wanita seperti kalung, gelang, anting-anting, cincin, bros dan lain-lain. Aksesoris yang juga disebut sebagai perhiasan tersebut terkadang tidak bertahan lama, biasanya adalah karena warnanya yang mulai memudar dan kusam sehingga sama sekali tidak menarik. Nah berikut ini adalah tips untuk merawat berbagai aksesoris perhiasan baik asli maupun imitasi:

Baca juga: Aksesoris Wanita yang Wajib Anda Miliki untuk Menunjang Penampilan Anda

  • Hal yang harus dihindari.

Anda harus memahami bahwa agar tetap awet dan menarik, aksesoris atau perhiasan harus dihindarkan dari beberapa hal yang berpotensi merusak. Pertama-tama hindari memakainya saat sedang berkeringat, terutama saat berkeringat banyak dan asam, hindari juga terkena body lotion, sabun, deterjen dan bahan kimia lainnya. Jangan pernah memakai aksesoris atau perhiasan saat akan mandi, berenang, berolahraga hingga ke pantai. Hindari juga pemakaian yang terus menerus tanpa dilepas, terutama bagi perhiasan yang berbahan sensitif seperti perak, berlian, mutiara atau kristal.

  • Cara penyimpanan.

Meski sepele, ternyata hal ini masih sering diabaikan oleh para wanita. Padahal ini sangat berpengaruh terhadap tampilan aksesoris wanita kesayangan Anda. Salah dalam penyimpanan akan membuat aksesoris perhiasan Anda menghitam dan bahkan berkarat. Pertama-tama, jangan pernah menaruh aksesoris perhiasan di atas meja atau di dalam kotak yang berpelitur seperti laci. Pisahkan penyimpanan aksesoris sesuai kategorinya, aksesoris perhiasan asli dan imitasi harus dibedakan tempatnya, jangan dicampur.

Setelah mengkategorikan penyimpanannya, pisahkan juga aksesoris sesuai dengan jenisnya, kalung dengan kalung, gelang dengan gelang dan cincin dengan cincin. Kalung jangan dicampur dengan gelang atau cincin jika tidak ingin kalung Anda jadi ruwet atau kusut. Terutama kalung yang berbentuk rantai. Sebaiknya digantung atau dimasukkan dulu ke dalam kain beludru sebelum disimpan di kotak perhiasan. Letakkan kotak aksesoris di tempat yang tertutup dan terhindar dari kelembaban dan sinar matahari. Bila perlu, sebelum disimpan, letakkan silica gel di dalam kotak perhiasan yang bermanfaat untuk menyerap kelembaban.

  • Cara membersihkan.

Sebelum membersihkan aksesoris perhiasan, sebaiknya perhatikan dulu terbuat dari apakah ia. Sebab beda jenis bahan, beda pula cara membersihkannya. Misal untuk aksesoris imitasi atau yang berbahan alloy, rendam dalam larutan air dengan sabun pencuci piring atau sabun bayi, keringkan dengan lap lalu simpan kembali. Untuk membersihkan perhiasan emas atau perak yang sudah mulai kusam, caranya cukup dengan menyikatnya dengan pasta gigi, cuci lalu keringkan sampai benar-benar kering dengan kain lap yang lembut. Sedangkan untuk aksesoris wanita berbahan mutiara, sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih yang mengandung asam dan alkohol.