Sebagai wanita perhiasan merupakan salah satu hal barang penting untuk menunjang penampilan supaya tetap terlihat menarik. Dipasaran sendiri banyak dijual berbagai jenis perhiasan yang cantik salah satunya berbagai perhiasan dari emas. Mulai dari kalung emas, cincin emas, gelang emas atau lainnya. Selain sebagai pendukung penampilan mempunyai perhiasan emas juga merupakan salah satu investasi, suatu saat memerlukan uang tunai bisa langsung menjualnya. Ditambah lagi seperti yang diketahui bahwa emas mempunyai nilai jual yang relative stabil dan condong meningkat.

Namun ternyata pada kenyataannya merawat perhiasan dari emas lebih harus teliti dari pada jenis perhiasan lainnya. Salah satunya yaitu warna yang memudar akibat aksesoris yang sering digunakan, mungkin kusam, tidak mengkilap atau lainnya. Untuk menghindari hal-hal tersebut Anda bisa melakukan tips dan trik seperti dibawah ini:

Baca juga: Panduan Memilih Cincin Emas untuk Pernikahan yang Tepat

  1. Jika memang tidak ada kegiatan ataupun acara yang memerlukan Anda menggunakan perhiasan emas lebih baik untuk tidak digunakan. Karena jika intensitas pemakaian lebih sering tentu saja proses memudarnya warna dari emas akan lebih cepat.
  2. Kemudian tempat penyimpanan juga harus diperhatikan, sangat disarankan untuk tidak menyimpan pada tempat yang terbuat dari besi. Karena pada umumnya besi akan mengalami proses korosi yang dapat menyebabkan warna kalung emas atau perhiasan emas Anda lainnya menjadi pudar. Untuk menjaga tetap berkilau Anda bisa menyimpannya pada tempat emas yang telah terlapisi oleh kain halus.
  3. Beberapa kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat seperti olahraga sangat disarankan untuk tidak menggunakan kalung. Hal itu dikarenakan keringat yang keluar dari tubuh Anda mengandung zat asam yang dapat memudarkan kilau dari perhiasan Anda.
  4. Tetapi jika memang telah memudar Anda bisa mencoba untuk mengembalikan warna aslinya dengan membersihkan secara sederhana. Pertama yaitu rendam dengan air sabun selama 3 menit, kemudian sikat menggunakan sikat yang berbulu halus secara perlahan. Setelah itu barulah Anda mengeringkan dengan menggunakan lap atau handuk lembut supaya tidak menimbulkan goresan.

Sebenarnya untuk perawatan lebih maksimal Anda bisa langsung datang toko emas yang menyediakan tukang yang bertugas membersihkan dan membuat berkilau kembali perhiasan Anda. Tetapi kalau untuk keseharian dan secara sederhana Anda bisa melakukan tips yang telah dijelaskan diatas, dan yang jelas tahapan pembersihan tersebut tidak memerlukan banyak biaya dan tenaga.

Sebagai barang yang berharga wajar jika harus melakukan perawatan yang baik supaya tetap cantik digunakan dalam beberapa kegiatan. Apalagi itu merupakan salah satu kalung emas kesayangan Anda dari beberapa koleksi yang telah dimiliki. Selain membuat perhiasan emas Anda lebih awet dan tetap mengkilap juga membuat nilai ekonomisnya tetap stabil jika menginginkan untuk dijual kembali.