Ciri utama dari sepatu flats atau flats shoes adalah bagian sol bawahnya yang datar. Sepatu model ini menjadi favorit banyak wanita. Karena selain nyaman digunakan dalam berbagai acara dan kesempatan, sepatu ini ternyata juga menawarkan beragam bentuk dan warna yang tetap memberikan kesan trendy. Jadi, Anda bisa tetap mendapatkan manfaat nyaman bersepatu sekaligus tampil trendy dan elegan. Agar sepatu Anda awet, berikut ini tips merawat sepatu flats agar awet dan tampak selalu baru.

Baca juga: Tampil Istimewa Dengan Sepatu Flat

Deterjen untuk Bahan Beludru atau Kanvas

Cek terlebih dahulu bahan pembuat sepatu flats Anda. Jika berasal dari bahan beludru atau kanvas, Anda bisa membersihkannya dengan deterjen untuk mencuci noda. Cuci sepatu flats Anda dengan deterjen tadi hingga bersih dan tidak ada sisa deterjen pada sepatu, setelah itu keringkan. Untuk pengeringannya, hindari terlalu banyak cahaya matahari. Cari tempat dengan cahaya matahari cukup dan angin.

Sikat dan Lap Basah untuk Bahan Sintetis

Untuk sepatu flats berbahan dasar sintetis, Anda bisa mengunakan sikat atau lap basah untuk membesihkan noda yang menempel pada sepatu. Usahakan bersihkan noda segera setelah terkena agar tidak terlalu lama menempel pada sepatu. Sebaiknya tidak membersihkan sepatu dengan bahan ini menggunakan deterjen, karena akan membuat bahannya rapuh dan mudah rusak. Setelah dibersihkan, keringkan sepatu seperti biasa di bawah cahaya matahari yang cukup.

Lap Khusus untuk Bahan Kulit

Bahan sepatu flats satu ini butuh perhatian khusus. Jika Anda memiliki sepatu flats berbahan dasar kulit, maka peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkannya adalah lap dari bahan yang halus atau sikat yang memiliki bahan halus. Penggunaan bahan yang halus ini bertujuan agar tidak menggores kulit pada sepatu. Bersihkan permukaan luar sepatu dengan peralatan tadi secara lembut dan usahan diusap dalam satu arah saja. Setelah itu keringkan tidak di bawah cahaya matahari langsung atau cukup diangin-anginkan saja.

Sesuaikan Pemakaian Sepatu

Selain perawatan yang telah disebutkan tadi, perawatan sepatu flats juga harus disesuikan pemakaiannya. Pastikan Anda sudah tahu benar tempat yang akan Anda datangi dan bisa menyesuaikan jenis bahan sepatu flats seperti apa yang akan Anda gunakan. Sejumlah sepatu flats tidak tahan air, ini juga harus Anda perhatikan benar.

Selain sebagai alas kaki, sepatu juga digunakan untuk mempercantik penampilan. Jadi, pastikan Anda punya waktu luang untuk membersihkan dan merawat sepatu Anda. Jangan hanya asal digunakan saja. Ini penting dilakukan agar sepatu Anda tahan lama, awet dan selalu tampak baru saat digunakan. Tentunya akan semakin menunjang penampilan Anda nantinya. Semoga tips diatas dapat membantu dalam menjaga dan merawat flat shoes yang Anda miliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.