Salah satu jenis sepatu yang banyak digunakan dan nyaman untuk segala kondisi, baik itu panas maupun hujan, jalan becek maupun kering adalah sepatu sneakers. Karena terbilang tahan banting, bukan berarti sepatu jenis ini tidak perlu drawat. Berikut ini adalah tips merawat sneakers yang bisa diaplikasikan:

  1. Simpan dalam Kotak

Untuk menjaga sepatu agar tetap awet, maka sepatu harus selalu disimpan di dalam kotak ketika tidak digunakan. Hal ini perlu dilakukan agar sepatu terhindar dari debu, kotoran, serta udara yang lembab, karena kotoran, debu serta udara lembab bisa merusak sepatu sneakers.  Lebih baik simpan sneaker d dalam box atau kotak orisinilnya, selain menjaga kebersihan sepatu, menyimpan box orisinil sepatu juga bisa membuat nilai sepatu tetap tinggi jika ingin dijual.  Dalam kotak sepatu biasanya ada karton pengganjal, jangan membuang karton pengganjal ini karena bisa digunakan kembali saat menyimpan sepatu agar sneaker tidak tertekuk dan tersimpan dengan rapi sebagaimana bentuk asli ketika membeli.

  1. Gunakan Silica Gel

Ketika menyimpan sepatu dalam kotak atau kardus, jangan lupa untuk meletakkan bungkusan silica gel yang berguna untuk menjaga kelembaban udara dalam box sneakers, sehingga akan menghindarkan sneakers dari kuman serta jamur. Silica gel ini biasanya ditemukan dalm kotak sepatu yang masih baru, bungkus silica gel ini jangan dibuang, karena masih bisa dimanfaatkan dalam proses penyimpanan sneakers.

  1. Gunakan Plastik Ziplock

Tak ada box sepatu atau box sepatu orisinal sneakers sudah rusak atau hilang? Tak perlu khawatir, karena untuk menyimpan sepatu juga bisa menggunakan plastik ziplock yang memiliki ukuran sebesar sneakers. Plastik ini bisa dibeli di toko plastik, saat membeli sebaiknya beli yang cukup dengan ukuran sepatu, jangan membeli dalam ukuran yang lebih besar karena sisa udara pada sepatu memiliki resiko terhadap sneakers. Jangan lupa juga untuk memasukkan silica gel ke dalam plastik ziplock berisi sneakers. Penyimpanan sneakers dalam plastik ziplock ini bisa menjadi pilihan karena bisa menjaga kadar kelembaban udara pada sneakers agar tidak berjamur.

  1. Simpan dalam Keadaan Bersih dan Kering

Saat menyimpan sneakers kesayangan, sebaiknya simpan sneakers dalam keadaan kering dan bersih, apalagi jika akan disimpan dalam jangka waktu relatif lama. Ketika mengeringkan sepatu, jangan langsung dibawah terik sinar matahari, sebaiknya lapisi sneakers dengan kertas koran lebih dulu atau bisa menggunakan dryer jika ingin sepatu kering lebih cepat.

  1. Cuci Sneakers

Cuci sneakers secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus sneakers, apabila tak memiliki cairan pembersih ini atau malam mencuci sepatu. Saat ini sudah tersedia banyak jasa salon atau laundry sepatu yang bisa membersihkan sneakers sehingga tampak seperti baru.

Itulah tips cara merawat sepatu sneakers yang tentunya mudah dilakukan. Sneakers merupakan salah satu sepatu yang nyaman ketika dikenakan, jadi apabila tidak dirawat, maka kenyamanan di kaki saat mengenakannya pun akan berkurang.