Korea atau negeri Ginseng merupakan salah satu negara dibagian Asia Timur, yang cukup memiliki pengaruh baik dalam hal gaya hidup ataupun kemajuan teknologi didalamnya. Salah satu hal yang memiliki pengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia sendiri adalah gaya berbusana yang ditampilkan oleh masyarakat Korea, dimana gaya ini pada umumnya diperkenalkan kepada masyarakat Asia lainnya, melalui berbagai drama dan musik yang diciptakan oleh para pekerja seni Korea. Melalui tajuk K-pop dan Drama K, kini masyarakat Indonesia pun, terutama mereka yang tergolong dalam usia remaja, berbondong-bondong meniru dan berburu berbagai fashion dengan tajuk Korean style untuk dijadikan sebagai model berbusana mereka.

Namun tahukah Anda bahwa tidak semua gaya yang ditampilkan oleh para pekerja seni Korea ini, dapat kita tiru dan kita aplikasikan begitu saja dalam gaya berbusana yang kita tampilkan, mengingat adanya perbedaan budaya, musim serta gaya hidup dari masyarakat Korea dengan masyarakat Indonesia? Bagi Anda para remaja yang memang ingin meniru gaya berbusana ala-ala Korea, berbagai pertimbangan dan penyesuaian pun harus Anda terapkan, agar nantinya Anda tidak terlihat sebagai plagiat yang salah dalam menggunakan busana.

Berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan, ketika menggunakan gaya berbusana Korean Style, untuk Anda aplikasikan dalam gaya berbusana yang akan Anda tampilkan. Adapun beberapa tips tersebut, antara lain adalah:

  • Perhatikan model busana Korea yang akan Anda pilih untuk Anda jadikan sebagai gaya busana Anda. Pastikan bahwa busana tersebut sesuai dengan nilai norma kesopanan yang berlaku di Indonesia, mulai dari model busana hingga corak warna yang ada.
  • Pilihlah busana dengan warna yang Anda sesuaikan dengan warna kulit Anda, dan tidak memilih warna yang terlalu mencolok. Warna busana yang terlalu mencolok, tidak akan sesuai dengan warna kulit masyarakat Indonesia yang cenderung berwarna sawo matang.
  • Ukuran dan panjang busana juga perlu Anda perhatikan. Pastikan bahwa Anda memilih busana dengan ukuran yang tidak terlalu ketat dan dengan panjang yang mini, karena hal tersebut tidak sesuai dengan norma kesopanan yang pada umumnya berlaku di masyarakat Indonesia.

Pilihlah gaya busana yang sederhana dari gaya berbusana Korea dan tidak terlalu menampilkan kemewahan didalamnya. Gaya busana apapun yang akan Anda gunakan dan Anda pilih, jika telah Anda sesuaikan dengan berbagai norma yang berlaku ditempat Anda berdomisili, tidak hanya dapat memberikan kesan yang sopan, namun kesan modern dan menawan pun dapat dengan mudah Anda dapatkan.

Memilih gaya berbusana Korean Style, memang dapat menjadi alternatif berbusana modern dalam keseharian Anda. Namun demikian tetap perhatikan aturan yang berlaku dan budget yang Anda miliki, agar nantinya Anda dapat tetap tampil anggun dan mempesona, tanpa harus menghabiskan dana yang Anda miliki hanya untuk berbusana saja. Cerdaslah dalam memilih dan menggunakan busana.