Pada dasarnya topi memang menjadi atribut wajib yang harus dimiliki oleh siapa saja, karena fungsinya begitu banyak, diantaranya adalah dapat melindungi dari panas, juga melindungi rambut hingga kulit kepala dari bahaya sinar UV, apalagi ketika tengah keluar rumah di siang hari. Di pasaran sendiri model-model yang ditawarkan juga kian bervariatif, salah satu diantaranya yang cukup populer dikenakan kaum adam maupun hawa adalah topi fedora.

Tips Tepat Mencuci Topi Fedora Agar Tetap Bersih dan Awet

Ciri utama dari topi yang satu ini adalah memiliki bagian pinggiran yang melebar berbentuk O sehingga efektif melindungi kepala dari panas, umumnya juga banyak digunakan sebagai aksesoris ketika ingin berfoto atau mengambil gambar. Di pasaran model topi fedora semacam ini bisa dengan mudah dijumpai dengan tawaran harga yang juga relatif terjangkau. Hanya saja tak jarang beberapa orang yang enggan dalam mengoleksinya, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang agak sulit dirawat. Untuk itu maka berikut ini ada tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat topi tersebut, agar lebih awet tentunya, yaitu:

  1. Ketahui terlebih dahulu apa bahan yang dipakai dalam pembuatannya, jika bahan dari topi tersebut adalah beludru atau suede, maka hindarkan dari air, karena jika sampai terkena air maka nantinya bahan tersebut akan lebih mudah rusak, berbeda halnya dengan bahan-bahan lainnya yang memang tak masalah terkena air. Sehingga bahan suede hanya bisa dibersihkan dengan sikat kering berbulu lembut biasa.
  2. Untuk mencuci topi, maka hal utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahannya, diantaranya adalah dengan menggunakan sikat berbulu halus, jika bisa pakailah sikat yang ukurannya kecil seperti sikat gigi, kemudian juga siapkan handuk, shampo bayi dan juga air.
  3. Balik terlebih dahulu bagian dalam topi tersebut, karena umumnya bagian dalam inilah yang paling kotor, terkena oleh keringat dari rambut, sehingga aroma terkadang juga tak begitu enak. Setelah itu masukkan dalam air dan tambahkan dengan shampo bayi.
  4. Sikat-sikat topi tersebut, cara menyikatnya adalah berlawanan arah jarum jam sehingga kotoran yang menempel bisa lebih mudah terangkat. Selain pada bagian dalam, maka jangan lupa untuk menyikat di bagian luarnya juga sampai benar-benar bersih secara menyeluruh.
  5. Bilas menggunakan air bersih, agar nantinya lebih cepat kering, maka manfaatkan handuk yang sudah dipersiapkan, gunakan untuk mengelap setiap sisinya, handuk tersebut akan lebih cepat dalam menyerap air, sehingga tinggal diangin-anginkan sebentar nantinya topi akan langsung kering. Simpan di dalam lemari tertutup sehingga tidak terkena debu.

Baca juga: Jenis-Jenis Topi Keren Sesuai Musim Dan Tips Mix And Match Topi Dengan Hijab

Sangat mudah bukan, sekarang koleksi topi fedora yang Anda miliki akan tetap terjaga kebersihannya juga akan lebih tahan lama. Bisa dipakai untuk aktivitas di luar ruangan atau sekedar tampil lebih gaya.