Tutorial Hijab modern segi empat sampai sekarang masih popular dikalangan hijabers dibandingkan dengan jenis hijab lainnya. Kelebihan hijab segi empat adalah lebih fleksibel dan memberikan banyak kreasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan acara. Apalagi sekarang sudah banyak tutorial cara menggunakan kerudung yang memungkinan Anda menggunakannya sendiri atau mengembangkan kreasi.

Sekarang, jilbab atau hijab tidak hanya sekedar penutup aurat saja. Namun menjadi trand fashion yang modis dan modern. Membahas hijab segi empat sekarang semakin variatif dengan pilihan jenis kain yang beragam, seperti: katun, bahan kaos, sifon, paris, sutra dsb. Apalagi sekarang sudah banyak corak, motif dan warna yang tersedia di pasaran, sehingga dipilih sesuai dengan selera.

baca juga: Tips Memilih Hijab Modern yang Modis dan Elegan untuk Pesta

Ukuran kerudung segi empat juga beragam, umumnya kain berupa lembaran bentuk persegi empat dengan ukuran: 168x70cm, 173x51cm,115x115cm dan 110x115cm. Jika Anda sedang mencari tutorial hijab modern segi empat yang mudah dan simple, ikuti pembahasannya berikut ini.

Model 1

Sebelum memulai berkreasi, terlebih dulu siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, yaitu:

  • Jilbab segi empat
  • Ciput ninja atau penutup kepala
  • jarum pentul

Pilih warna ciput dan jilbab yang senada. Jika perlengkapan sudah siap ikuti tutorial hijab segi empat model pertama berikut ini:

  1. Pertama-tama gunakan ciput ninja sebagai penutup dasar. Setelah itu lipat kain segi empat menjadi bentuk segi tiga dan letakkan di atas kepala yang sudah memakai ciput.
  2. Ukur bagian sisi kanan dan kiri, samakan panjangnya. Bagian depan ciput perlihatkan sedikit saja.
  3. Lalu tarik jilbab di sisi kanan ke arah kiri wajah sampai melewati dagu. Lalu kencangkan dan ikat bagian ciput di dekat telinga menggunakan jarum pentul agar tidak mudah bergeser.
  4. Bagian jilbab yang tersisa ditarik ke belakang dan sembunyikan pada bagian sisi jilbab di bagian kiri dan bawah. Lalu rapihkan sampai menutupi bagian dada.
  5. Selanjutnya bagian sisi kiri jilbab di tarik ke depan, lalu ambil bagian ujung dan tarik ke atas kepala. Seperti membentuk lipatan. Kencangkan jilbab menggunakan jarum pentul agar tidak mudah lepas, lalu rapihkan ujung lipatan dan bentuk agar memberikan kesan seperti jilbab bersusun pada bagian kiri.

Model 2

Untuk model yang kedua, tidak begitu jauh berbeda dengan model pertama namun pada langkah No 5. Pada model ini ujung jilbab di sisi kiri bisa dikreasikan dengan keinginan Anda seperi di tarik ke atas pundak kanan atau dililit membentuk model yang menurut Anda sesuai.

Demikian informasi mengenai tutorial hijab modern segi empat yang simple dan modis yang popular di kalangan hijabers. Semoga bermanfaat!